Arsip Agenda -> Agenda

Agenda

Tanggal : 2016-11-25 | Waktu : 16:15:58
Semangat Peradaban Shufistik

Medan, 17  November 2016. Haul ke-7 Tuan Guru Simalungun Syekh Abdurrahman Rajagukguk Qaddasallahu Sirruhu yang dikenal dengan sebutan Tuan Guru Batak,  di Madrasah Persulukan Serambi Babussalam, Desa Jawa Tongah, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun . Tabligh Akbar ini diisi oleh Rektor UIN SU (Prof. Dr. H. Saidurrahman ,M. Ag)   menyampaikan pesan untuk menjadi manusia yang produktif dalam mengusung semangat cita cita membangun peradaban yang dilandasi nilai nilai akhlak yang islami diantaranya kejujuran , kesederhananaan dan kebersahajaan (shufistik).

Dikatakan Syekh Sabban, kegiatan Haul ini banyak manfaatnya dan dapat dipetik. Seperti semangat meneladani perjuangan dan pengorbanan ulama dan guru-guru mulia."Kita sekarang ini miskin keteladanan dan salah kaprah dalam mengidolakan sesorang yang seharusnya bisa jadi panutan.

Sabban menyebutkan, jamaah akan datang untuk mengikuti acara keagamaan dan tausiah sekaligus bersilaturahmi dengan mengambil hikmah dari perjalanan hidup Syekh Abdurrahman Rajagukguk dalam mengamalkan nilai-nilai luhur keagamaan dan moralitas.

Secara khusus, Tuan Guru Syekh Sabban Rajagukguk mengucapkan terimakasih atas kepedulian Bupati Simalungun JR Saragih SH MM. Dia mengatakan, haul kali ini dirangkai dengan penanaman simbolik pohon kurma bantuan dari Haji Musa Rajekshah (Ijeck). Kegiatan haul ini diselenggarakan pada setiap tahun bertujuan untuk meneladani spirit religiotas dan keteladanan Almarhum Tuan Guru Syekh Abdurrahman Rajagukguk, memperkuat silaturrahmi, membangun kerukunan umat dan persatuan-kesatuan bangsa. rangkaian ini dengan berbagai ritual keagamaan yang sangat spiritual seperti, suluk, haflah Quran, zikir ratib Saman, pembacaan surat Al-Ikhlash 1.000  kali.
 

Haul ke 7 ini juga dihadiri Pangkostrad Haji Letjend Edy Rahmayadi yang juga Ketua PSSI baru terpilih. Haji Musa Rajekshah (Ijeck), Bupati Labura Bapak Haji Kharuddinsyah, Bupati Labusel Bapak Haji Wildan Tanjung, Bapak Haji Mahdi Muhammad Tokoh Umat dari Aceh, CEO Kanwil Sumatera Bank Mega Syariah Bapak Haji Trisno Sumantri dan DPD RI Sumut Bapak Haji      Dedy   Iskandar.