Arsip Agenda -> Agenda

Agenda

Tanggal : 2016-09-30 | Waktu : 05:07:25
Seminar Nasional"Maslahat dan Implementasinya dalam Masyarakat Indonesia

edan, 21 September 2016. Seminar Nasional "Maslahat dan Implementasi dalam Masyarakat Indonesia" ini diprakarsai oleh Pascasarjana UIN SU menampilkan 4 Narasumber : 1. Prof. Dr. H. Saidurrahman, M.Ag (Rektor UIN SU) , 2. Prof. Ramli Abdul Wahid, MA, 3. Prof. Dr. Said Agil Husein Al Munawar, MA, 4. Prof. Dr. H.M. Yasir Nasution, MA.

Dalam pemaparannya Rektor UIN SU (Prof. Dr. H. Saidurrahman, M. Ag) menyampaikan peranan siyasah syariah dalam pembinaan hukum nasional bahwa keberadaan Hukum Islam di Indonesia : 1. Ada, dalam arti sebagai bagian integral dari hukum nasional , 2. Ada, dalam arti kemandiriannya diakui , adanya kekuatan dan wibawanya dan diberi status sebagai hukum nasional, 3. Ada , dalam arti hukum nasional dan norma hukum Islam yang berfungsi sebagai penyaring bahan bahan hukum nasional di Indonesia, 4. Ada, dalam arti sebagai bahan dan unsur utama.

Hukum islam sebagai tatanan hukum yang dipedomani dan ditaati oleh mayoritas penduduk dan masyarakat Indonesia adalah hukum yang telah hidup dalam masyarakat , dan merupakan sebagian ajaran dan keyakinan Islam yang eksis dalam kehidupan hukum nasional , serta merupakan bahan dalam pembinaan dan pengembangannnya.