Arsip Agenda -> Agenda

Agenda

Tanggal : 2016-10-01 | Waktu : 13:05:04
Rektor UIN SU Bersama GUBSU , KPU Pusat, dan KPU Sumut Pada Peresmian Rumah Pintar Pemilu

Rektor UIN SU Bersama GUBSU , KPU Pusat, dan KPU Sumut Pada Peresmian Rumah Pintar Pemilu

 

Medan, 27 September 2016. Rektor UIN SU (Prof. Dr. H. Saidurrahman,M.Ag) bersama GUBSU ( Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si , KPU Pusat, dan KPU Sumut Pada Peresmian Rumah Pintar Pemilu di kantor KPU Provinsi Sumatera Utara, Jalan perintis kemerdekaan, Peresmian rumah pintar dilakukan ketua KPU Juri Ardiantoro

Rumah Pintar Pemilu merupakan bangunan fisik yang disesuaikan dengan kebutuhan memiliki kelengkapan sarana dan prasarana yang ideal. Minimal memiliki 4 (empat) persyaratan:

1. Ruang Audio Visual

Menayangkan sejarah kepemiluan, pelaksanaan pemilu, sejarah pendirian, komisioner, tata cara pemungutan, tata cara penghitungan, calon-calon pada saat pelaksanaan dan penyelenggaraan, regulasi-regulasi penyelenggaraan.

2. Ruang Pamer/Alat Pegara

Yaitu yang memuat informasi kepemiluan, bisa berupa bentuk pamflet, poster, standing banner, buku-buku, display dsb.

3. Ruang Diskusi

Keperluan pemerhati demokrasi, stake holder, untuk kepentingan peningkatan partisipasi pemilih. Stake holder bisa dari pihak ke 3 (tiga) misal kerjasama dengan media masa elektronik dan cetak, instansi pemerintah, ormas, LSM, partai politik, lembaga pendidikan misal SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Pihak swasta (BUMN dan BUMD) yang berkaitan dengan hal sponsorship, misal cerdas cermat, kuis demokrasi, kelas Pemilu dsb.

4. Ruang Simulasi

Bisa dipakai paling tidak bagan dalam bentuk hitung dan petugas-petgasnya. Ada kotak suara, surat suara, formulir-formulir yang digunakan, bilik dan kotak suara dan berbagai peralatan pemungutan dan perhitungan suara.

Rumah Pintar Pemiu merupakan sarana demokrasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih yang mengedepankan budaya lokal.