Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2016-10-09 | Waktu : 07:38:34
UINSU Harus Ikut Bangun Peradaban Indonesia

Medan. Prof. Dr. Nasaruddin Umar, Wakil Menteri Agama 2009-2014, mengharapkan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara mampu membangun perdaban Indonesia, dan sumber daya manusia handal untuk berdakwah ke tengah-tengah masyarakat.

Peran UIN SU adalah  mencetak kader-kader umat untuk memberi pencerahan, bukan kader-kader yang membentur antara satu dengan yang lain, kata Prof Nasaruddin di dampingi Rektor UINSU Prof Dr Saidurrahman, MAg, Wakil Rektor III Prof Dr Ilhamuddin, Direktur Pascasarjana Prof Dr Ramli Abdul Wahid menjawab wartawan, Kamis (6/10) di kampus Jalan Williem Iskandar Medan Estate.

UIN SU  juga harus membantu pemerintah untuk membangun ekonomi umat agar tercapai kesejahteraan tanpa berbasis riba atau degan cara-cara yang tidak halal, kata Nasaruddin, seraya menyatakan rasa optimisnya terhadap UINSU, karena memiliki puluhan profesor dengan berbagai bidang keahlian.

Disamping itu juga, karena masyarakat Sumut dinilai cukup mendukung untuk membangun peradaban yang lebih baik, karena selama ini kondisi di Sumut cukup kondusif walaupun masyarakatnya yang multietnis. “Tentu saja para lulusan UINSU diharapkan ikut merawat keberagaman dan kerukunan yang sudah menjadi kearifan lokal Sumut. Kemudian ikut pula mendorong kerukunan dan peradaban Indonesia,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta ini.

Nasaruddin juga menyatakan rasa optimisnya UINSU mampu membangun peradaban lebih baik, karena UINSU dipimpin sosok muda yang energik dan cerdas serta memahami kondisi lapangan secara lebih profesional. “Banyak alasan UINSU untuk terus bergerak maju di tangan Pak Saidurrahman,” katanya.

Tantangan ke depan UINSU,menurut dia, adalah mencetak lulusan yang punya kemampuan untuk memimpin bangsa dan umat yang berada di bawah bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Rektor UINSU Prof Dr Saidurrahman, menegaskan akan terus membenahi manajemen UINSU dengan rasa kebersamaan, dan sekaligus mengajak waga civitas akademika untuk bekerjasama dan sama-sama bekerja guna membangun UINSU menjadi kampus juara (maju dan sejahtera)

“Semua warga civitas akademika harus berbuat yang terbaik untuk UINSU,”ucap Saidurrahman yang juga didampingi Dr. H Arifinsyah, MA, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Sumatera Utara.

Dia menjelaskan bahwa ke depan di UINSU akan muncul tiga fakultas baru yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian. Pendirian tiga fakultas baru ini akan menjawab tantangan perkembangan keilmuan dan kompetensi bagi lulusan UINSU untuk berkarir dan mengabdi di masyarakat.

Dia menambahkan, mulai 2017, akan dimulai pembangunan gedung baru UINSU di atas lahan seluas 20 hektar di kawasan Tuntungan. Menurutnya di sana akan didirikan tujuh gedung utama bertingkat tiga berikut juga asrama dan perumahan untuk dosen.

Sumber : MEDANOKE.COM