Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2016-11-12 | Waktu : 15:05:55
Workshop Penulisan Artikel Berstandar Jurnal Nasional dan Internasional

Medan, 12 November 2016. Tim Pokja Akademik PIU IDB UIN SU menyelenggarakan workshop penulisan artikel berstandar jurnal nasional dan Internasional  di STIPAP LPP Medan. Kegiatan ini dibuka oleh  rektor UIN SU yang diwakili oleh  Dr. Phill Zainul Fuad, MA  (ketua PIU) menyampaikan Semoga dengan adanya workshop bermanfat bagi para dosen yang ingin menambah wawasan dan juga akan termotivasi dengan tujuan yang baik untuk membangun sebuah kultur publikasi jurnal ilmiah baik nasional dan internasional. . Kegiatan ini dihadiri oleh  Pemateri  Dr. Dadi Darmadi, Phd.  , Ketua Pokja Akademik Dr. Syahnan, Ketua panitia Dr. Andri Soemitra, MA, dan 200 Dosen dari berbagai Fakultas yang ada di UIN SU.

Dr. Dadi Darmadi , Phd menyampaikan  bagaimana tekhnis penulisan jurnal nasional dan inernasional  , diantaranya dapat dilihat pada gambaran umumnya didalam penulisan jurnal adalah

  1. Judul , maksimal 12 kata
  2. Pengarang dan Afiliasi
  3. Abstrak (maks. 150 kata)
  4. Kata Kunci (maks. 5 kata)
  5. Pendahuluan
  6. Pembahasan (1,2,3)
  7. Simpulan
  8. Daftar Pustaka
  9. Total: (20-25 hal.)
  10. Jumlah kata 10.000-15000

dan banyak unsur unsur yang lain agar penulisan jurnal dapat dipublish pada jurnal internasional.  Pemateri menyampaikan  contoh jurnal internasional studia islamika,   tampak banyaknya pertanyaan dari para peserta yang mengajukan pertanyaan  membuktikan antusias para peserta untuk menulis dan dipublis dipublish jurnal internasional.

Jurnal nasional dan internasional menjadi salah satu upaya untuk peningkatan penjaminan mutu akademik dan kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi sangat diperlukan. Selain itu juga diperlukan peningkatan atmosfir akademik melalui peningkatan kualitas penelitian dosen  untuk publikasi international. Hal ini sangat diperlukan untuk mendorong kreativitas para dosen untuk meningkatkan wawasan keilmuaan serta memupuk bakat meneliti sejak dini dan membuka wawasan global melalui pencarian referens dari berbagai sumber (Jurnal Internasional).

Jurnal elektronik ini memiliki  keunggulan dibandingkan jurnal dicetak tradisional tulisan tersebut dapat dicari pada halaman isi atau teks penuh di jurnal untuk menemukan artikel atau subjek tertentu melalui via online dan dapat dilihat keseluruhannya.