Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-01-09 | Waktu : 12:42:24
Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI Ke 71

Medan, 03 Januari 2017. Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke 71 dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi. Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengatakan bahwa Kementerian Agama merupakan garda terdepan utamanya dalam membangun kerukunan kehidupan beragama dan dalam pembangunan moral bangsa.

Upacara tersebut dihadiri Rektor UIN Sumatera Utara  Prof. Dr. H. Saidurrahman, MA, Kapolda Sumut, Pangdam I Bukit Barisan, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Tohar Bayoangin, Ketua FKUB Sumut Maratua Simanjuntak, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pensiunan pejabat dan ASN Kementerian Agama Sumatera Utara.

Pada upacara tersebut Gubernur Sumatera Utara membacakan sambutan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin.

Menag dalam sambutannya mengatakan, pembentukan Kementerian Agama merupakan persitiwa penting dan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara religious yang nasionalis.

Kita ketahui, agama tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bangsa dan Negara kita. Semangat dan motivasi keagamaan adalah sumber kekuatan kita dalam meraih kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan nasional, dan menjaga keutuhan NKRI, ungkap Menag.

Menurut Menag, Agama mendapatkan kedudukan terhormat dalam tata kehidupan masyarakat, sehingga dijadikan sebagai salah satu sumber pembentukan hukum nasional. Agama menjadi ruh kehidupan kebangsaan kita sesuai dengan dasar Ketuhanan Yang Maha Esa.

Lukman Hakim Saifuddin menambahkan, sejalan dengan tema HAB Kemenag ke 71 tahun 2017 yaitu Bersih Melayani dan motto Lebih Dekat Melayani Umat. Dia berharap peringatan ulang tahun Kementerian Agama ini semakin memperkuat komitmen Aparatur Kementerian Agama terhadap integritas dan etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayom semua umat beragama.

Kita bersyukur publik kini semakin menilai positif kinerja Kementerian Agama. Sebagian besar program telah mulai memenuhi harapan sehingga kinerja kita dianggap cukup baik dalam sejumlah survey, kata Menag.

Peserta pada Upacara Peringatan HAB ke 71 Kementerian Agama RI di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut tediri dari ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut, UIN Sumut, Kemenag Kota Medan, Balai Diklat Keagamaan Kota Medan, MAN, MTsN dan MIN Kota Medan.

Setelah selesai upacara, dimeriahkan dengan penampilan tari-tarian, drum band dan pentas seni dari siswa-siswi madrasah di lingkungan Kemenag Kota Medan.