Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-01-11 | Waktu : 08:58:58
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H dan Penandatanganan Pakta Integritas

Medan, 03 Januari 2017. Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke 71 , Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H,dan Penandatangan Pakta Integritas dalam Rangka Pembangunan Zona menuju Terwujudnya Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi yang Bersih dan Melayani di Lingkungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan dilaksanakan di Aula UIN SU.

Rektor UIN SU  Prof. Dr. H. Saidurrahman menyampaikan bahwa mewujudkan UIN SU Maju dan Sejahtera (JUARA) langkah cepat dilakukan untuk memberikan layanan bagi warga  UIN SU yang sesuai dengan tema pada HAB Ke 71  ditandai dengan penandatanganan Pakta Integritas di Lingkungan UIN SU . Hal ini terjadi karena merosotnya moral dan maraknya tindakan korupsi saat ini harus menjadi pelajaran bagi kita semua yang terjadi di Negeri ini, melihat kenyataan ini maka selayaknya kita sebagai institusi pendidikan menguatkan komitmen sebagai kampus yang bebas dari korupsi. UIN Sumatera Utara siap menjadi pionir pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Zona Integritas (ZI) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian/ lembaga dan Pemda yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. “Dalam pembangunan Zona Integritas Kementerian/ Lembaga harus melakukan 3 tahapan yaitu: 1) Penandatanganan Dokumen Pakta Integritas, 2) Pencanangan dan Pembangunan Zona Integritas, 3) Penetapan Unit Kerja Berintegritas menuju Wilayah Bersih dan Melayani.

Terobosan baru yang digagas UIN SU dikemas dalam bentuk online, jika terdapat dan ditemukan gratifikasi maupun korupsi bisa melaporkan ke antikorupsi@uinsu.ac.id, dimana orang yang terindikasi korupsi dan gratifikasi akan ditindak lanjuti dan akan dilaporkan ke pihak yang berwenang. Jika ada yang korupsi ataupun gratifikasi segera laporkan melalui e-mail tersebut, tapi harus bertanggung jawab apa yang sudah dilaporkan itu. Untuk diatasi masalah yang korupsi harus terlebih dahulu di verifikasi, baru dibuktikan dengan bukti bahwa pihak itu tersangka korupsi.

Hadir juga Tuan Syeikh Dr. H. Ahmad Sabban Rajagukguk yang mengisi pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H, Beliau berpesan mengenai Profhetik (Kenabian) : Hidupkan lah cahaya Nabi dalam dirimu dengan bekerjalah karena mengharapkan rahmat Tuhanmu dan manifestasikan rahmat itu dengan merahmati semua makhluk. Jadilah Manusia akhirat yang sekedar singgah didunia untuk menyelenggarakan tugas tugas ke khalifahan dalam kehidupan rabbani.Perkuat koneksimu dengan Tuhan lewat Dzikir yang tidak pernah putus. Jadikanlah jabatanmu membantumu semakin rindu kepada Allah SWT dan jadikan pula jabatanmu itu untuk merahmati Semua.

Diakhir acara berlangsungnya perayaan Hari Ulang Tahun Wakil Rektor II Dr.Muhammad Ramadhan, MA . Kemeriahan di Hari Ulang Tahun tersebut ditandai dengan foto bersama , pemotongan kue,  dan ucapan selamat datang dari para pimpinan Rektorat dan Dosen serta pegawai se - UIN SU