Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-03-03 | Waktu : 17:55:28
Peresmian Galeri Investasi Syariah Pertama se-Sumatera Utara

Medan, 02 Maret 2017. Kuliah umum perdana FEBI UIN SU kali ini bertemakan Gerakan Melek Ivestasi Keuangan Syariah . Hal ini menjadi sangat menarik agar menjadi edukasi bagi semua kalangan khususnya para mahasiswa dan dosen untuk mulai berinvestasi. Kuliah Umum dilaksanakan di Aula UIN SU dan dihadiri oleh Rektor UIN SU.

Rektor UIN SU  Prof. Dr. H. Saidurrahman, M.Ag menyampaikan bahwa penting edukasi pasar modal syariah saat ini , pasar modal itu butuh galeri, galeri investasi sebagai wadah wadah mengenal pasar modal lebih dalam. Semua kalangan baik dosen, staff , mahasiswa sangat membutuhkan pembelajaran secara praktis mengenai bursa efek yang tidak hanya sekedar teori yang dipelajari didalam kelas dan FEBI menjadi pelopor dalam hal ini untuk memberikan jawaban dengan berdirinya Galeri Investasi Syariah pertama se-Sumatera Utara. Rektor Menyebutkan bahwa FEBI Luarr Biasa.

“mahasiswa juga harus memahami cara bergelut dalam bursa efek, bagaimana perkembangan efek secara langsung, dan caranya yaitu dengan mendirikan galeri bursa efek,kerjasama di Galeri Investasi Syariah yang bekerja sama antara BEI – UINSU – IPOT adalah kerjasama yang pertama bersama IPOT cabang Medan. “Kebetulan juga ini merupakan galeri investasi syariah kami di Sumatera Utara,” kata Saidurrahman.

Prof. Saidurrahman berharap, kalangan akademisi baik itu dosen, staff, mahasiswa/i UIN SU yang kental dengan prinsip-prinsip syariah kiranya tidak takut dan tidak ragu lagi dalam berinvestasi terutama dalam berinvestasi Pasar Modal. Apalagi galeri investasi syariah ini sudah mendapat rekening saham dan sistemnya juga sudah mendapat izin dari dewan syariah nasional. “Jadi pilihan berinvestasi ini aman dan tenang,”sebut Saidurrahman

Direktur Pengawasan dan Transaksi Bursa Efek Indonesia, Hamdi Hassyarbaini mengatakan bahwa Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta mahasiswa melek investasi di pasar modal, diharapkan mahasiswa menjadi agen of change atau agen perubahan. Kegiatan itu merupakan rangkaian dari peresmian Galeri Investasi Syariah FEBI UIN SU Medan yang pertama se-Sumatera Utara. BEI berharap mahasiswa harus menjadi agen of change masyarakat disekitar kita dari masyarakat yang konsumtif menjadi masyakarat yang bisa berinvestasi. Jadi, mahasiswa akan menjadi ujung tombak dari pembinaan dan edukasi pasar modal di Sumatera Utara.

Ia menambahkan bahwa sangat membantu mahasiswa FEBI dibidang pasar modal maupun pasar modal syariah. Pasar modal syariah merupakan salah satu industri keuangan syariah bisa digunakan sebagai karir. “Sejak sekarang kalian mempersiapkan diri menjadi yg terbaik. Mumpung masih kuliah tambahlah ilmu yang bisa membawa kebahagiaan, manfaatkan segala fasilitas yang ada di kampus guna menunjang masa depan. 

Diakuinya, akan sulit mengedukasi masyarakat Indonesia agar memahami tentang pasar modal karena alasan tersebut, ia berharap ada pihak di luar BEI yang menjadi penyebar pengetahuan seputar pasar modal. Tetapi, bila hanya BEI sendiri yang jalan untuk edukasi keliling, akan memakan banyak waktu lama untuk sosiaslisasi dan edukasi. Maka mahasiswa diharapkan menjadi ujung tombak edukasi dan sosialisasi tentang melek investasi. Direktur Pengawasan dan Transaksi BEI, Hamdi Hassyarbaini mengatakan, galeri yang baru diresmikan di UIN Sumut tersebut merupakan galeri investasi syariah pertama yang ada di Sumut, ujar Hamdi

“Galeri investasi syariah baru pertama di Sumut. Kalau galeri investasi (non syariah) sudah ada lima,” ujar Hamdi di sela-sela peresmian galeri itu.

Dia menyebutkan, ditargetkan di Sumut bisa membangun galeri investasi sebanyak tiga galeri dalam setahun. Galeri tersebut beragam mulai dari galeri syariah atau non syariah.

Direktur Utama TICMI Mety Yusantiati mengatakan, pada awal tahun 2017 TICMI telah menjadwalkan akan menandatangani Nota Kesepahaman serupa dengan 30 Perguruan Tinggi yang terpilih di seluruh Indonesia. UIN Sumatera Utara merupakan Perguruan Tinggi ke-7 yang menandatangani Nota Kesepahaman ini.

Mety menyebut kerjasama yang terjalin antara TICMI dengan UIN Sumatera Utara merupakan program kerjasama pendidikan pasar modal di Perguruan Tinggi yang terpilih, dimana dalam jangka waktu tertentu perguruan tinggi tersebut diharapkan dapat menyelenggarakan pendidikan reguler yang mengacu pada silabus pelatihan dan sertifikasi Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) secara mandiri,” kata Mety.

Ia menjelaskan, salah satu sasaran kerja BEI yang paling krusial adalah peningkatan jumlah investor. BEI melihat bahwa peningkatan jumlah investor ini harus dimulai dengan penguatan posisi broker, dimana dalam konteks supply demand terhadap calon investor, harus disediakan tenaga professional yang kompeten, agar tingkat kepercayaan dan keyakinan calon investor dapat meningkat. PT menjadi salah satu opsi channel terbaik untuk meningkatkan supply tenaga professional dalam industri Pasar Modal Indonesia.

TICMI memiliki misi meningkatkan pengetahuan pasar modal di Indonesia, dan TICMI akan terus meningkatkan jumlah sumber daya manusia berkualitas dan memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam bidang pasar modal. Kerjasama yang terjalin antara TICMI dengan UIN Sumatera Utara dapat berjalan dengan baik. “Besar harapan kami mahsiswa UIN Sumatera Utara dapat menjadi lulusan berkualitas,” ujar Mety.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama sekaligus meresmian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di UIN SU .

Peresmian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di UIN SU ditandai dengan pemotongan pita Rektor UIN SU Prof. Dr. H. Saidurrahman, M.Ag ,  Wakil Rektor II Dr. Muhammad Ramadhan, MA, Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra,.MA , Hamdi Hassyarbaini selaku Direktur Pengawasan dan Transaksi BEI, Mety Yusantiati selaku Direktur Utama TICMI, Stefanus Noviono Darmosusilo Direktur IPOT

Hadir juga pada saat acara peresmian Galeri Investasi Syariah pertama se-Sumatera Utara Ibu Rektor UIN SU Dr. Hj. Chuzaimah Batubara,MA, Para Dekan se-UIN SU, Para Pimpinan FEBI Wakil Dekan I Dr. Muhammad Yafiz, MA, Wakil Dekan III Nurlaila, MA, dan Para Ketua Jurusan , staff, serta perwakilan mahasiswa.