Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-03-24 | Waktu : 15:13:14
Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Medan, 23 Maret 2017. Sosialisasi empat pilar MPR-RI yang digelar pada kamis 23 maret 2017 di Aula UIN SU pukul 10:00 WIB. Dalam acara tersebut turut hadir ketua MPR-RI Zulkifli Hasan dan Rektor UIN SU Prof. Dr. Saidurrahman. M.Ag.

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini menjelaskan makna dan penerapan dari Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Sebagai Bentuk Negara, Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Rektor UIN SU Prof.Dr.Saidurrahman.,M.Ag dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih atas kehadiran Ketua MPR RI di UIN Sumatera Utara dan berharap dengan kehadiran Zulkifli Hasan di kampus yang ia pimpin saat ini dapat menunjang nilai-nilai akademik dan meningkatkan semangat berbangsa dan bernegara mahasiswa dan juga para dosen UIN SU.

“Ungkapan terima kasih saya kepada bapak ketua MPR RI yang hadir di kampus kami tercinta ini. Semoga dengan kehadiran beliau dan penyampaian materi beliau mengenai empat pilar MPR RI ini dapat kita jadikan momentum yang dapat memotivasi kita untuk lebih semangat dalam membangun bangsa,”ujarnya.

 

Dalam acara tersebut, Zulkifli Hasan selaku ketua MPR-RI menyampaikan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Negeri ini secara alamiah menghadapi tantangan pergeseran atau perubahan signifikan dari semua sendi kehidupan.

“Semua tantangan yang muncul dalam proses tersebut, harus segera kita tanggapi dan kita selesaikan guna untuk memperkuat sesama kehidupan bermasyarakat dan bernegara.”paparnya.

Berkaitan dengan hal ini, Zulkifli juga mengatakan, sosialisasi ini di lakukan dalam rangka mempertahankan dan memelihara kerukunan nasional dan keutuhan NKRI.

“Setiap warga negara indonesia harus memiliki keyakinan bahwa keempat nilai-nilai tersebut merupakan bagian dari prinsip-prinsip moral ke Indonesiaan yang memadu agar tercapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. ” jelas Zulkifli.

Materi sosialisasi 4 pilar MPR-RI dari konsepsi kenegaraan Indonesia merupakan conditio sine quaton persyaratan mutlak bagi indomesia untuk bisa berdiri kokoh dan meraih kemajuan berlandasan karakter kepribadian bangsa indonesia sendiri.

Zulkifli Hasan juga mengingatkan kembali ancaman memudarnya nilai nilai luhur ke Indonesiaan.

"Nilai-nilai saling menghormati, saling menghargai terancam hilang. Yang bukan kelompoknya langsung dianggap musuh, dan Sumatera Utara sudah terbiasa hidup dalam keberagaman.

"Saya percaya, Mahasiswa UIN SU akan menjadi generasi baru yang paling depan menjaga Pancasila," ujar Zulkifli Hasan

Acara ini yang diikuti 600 lebih mahasiswa UIN SU itu juga turut dihadiri para Dekan se – UIN SU, dan para pejabat lainnya