Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-04-18 | Waktu : 16:19:18
Kata Sambutan WR 1 pada Visitasi Akreditasi Jurusan Akuntansi FEBI UIN SU

MEDAN, 16 April 2017.  Tim Asesor BAN – PT melakukan Visitasi Akreditasi Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dilaksanakan pada 14 - 16 April 2017 . Hadir sebagai Tim Asesor BAN PT oleh Dr. Agus Purwanto, SE.,M.Ag.,Akt ( Universitas Diponegoro Semarang) dan Dr. Euis Amalia, M.Ag (Universitas Islam Negeri Jakarta ) . Pembukaan Visitasi ini dibuka oleh kata sambutan Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra, MA , harapannya tidak hanya untuk menaikkan grade/nilai akreditasi yang diraih sebelumnya, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dan kompetensi lulusan untuk mewujudkan UIN SU JUARA.

Rektor UIN SU diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Syafaruddin menyampaikan bahwa penilaian visitasi menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan mutu dari jurusan akuntansi syariah FEBI UIN SU kedepannya.

Nilai yang terbaik dari hasil assessment ini diharapkan diraih dari kerja kerja pengelola FEBI menunjukkan bahwa segala persiapan sudah terlaksana, ujar Prof. Syafaruddin

Dr. Agus Purwanto, SE.,M.Ag.,Akt menyampaikan bahwa penilaian kelayakan teknis/akademis suatu lembaga penyelenggara program pendidikan tertentu untuk menghasilkan lulusan dengan spesifikasi kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, dengan didukung oleh Asosiasi Penyelenggara Program Pendidikan Profesional, Badan Penyelenggara Akreditasi berfungsi mengawal mutu program pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga penyelenggara pendidikan.

Lazim terselenggara atas dasar sukarela (on a voluntary basis), keikutsertaan lembaga penyelenggara pendidikan profesional dalam suatu mekanisme akreditasi tertentu dipicu bukan untuk perolehan legitimasi birokratik, melainkan untuk memperoleh legitimasi akademik yang dihargai oleh pihak terkait (steakholders) khususnya calon mahasiswa berdasarkan bukti yang transparan.

Dr. Euis Amalia , M.Ag menyampaikan bahwa visitasi adalah proses penilaian lapangan untuk melakukan validasi antara data yang terdapat dalam borang dengan kondisi obyektif yang ada di lapanagan (tingkat program studi) yang dilakukan oleh asesor. Pentingnya visitasi untuk mengkroscek kebenaran data yang dicantumkan dalam borang dengan realita dilapangan sehingga menjadi acuan dalam penilaian akreditasi.

Harapan meraih hasil maksimal dari visitasi ini menjadi nilai plus tersendiri bagi keluarga besar FEBI UIN SU, mengingat kedua asesor bukan yang asing dalam melakukan asesmen akreditasi, sudah beberapa kali dalam pelaksanaan assessment sebelumnya meraih nilai akreditasi, contohnya terdapat pada jurusan ekonomi islam, ujar Dr. Andri Soemitra

Visitasi Jurusan Akuntansi Syariah ini menjadi perdana, mengingat jurusan ini baru resminya izin keluar jurusan pada tahun 2014. Hal ini bisa menjadi pembuktian , walaupun baru tapi mampu memberikan prestasi yang tinggi, karena terpenuhinya banyak faktor faktor penilaian  dari tingkat mahasiswa peminat yang tinggi, dosen dosen yang memiliki karya karya yang luarrbiasa, dll yang kesemuanya sudah terdapat pada standar 1-7  menjadi modal kuat untuk menjadi jurusan baru dan terbaik.

Suasana penyambutan juga menjadi lebih meriah dengan iringan dendang lagu dari para mahasiswa ,

Hendra Hermain, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dari semua para pimpinan Rektorat, pengelola FEBI, dan Dosen atas partisipasi serta doa sehingga proses visitasi akreditasi jurusan akuntansi syariah berjalan dengan lancar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Guru Besar FEBI UIN SU Pof. Yasir M. Nasution dan Prof. Amiur Nuruddin, Wakil Rektor I Prof. Dr. Syafaruddin, Wakil Rektor II Dr. Muhammad Ramadhan, Kepala Pustipada Dr. M. Ridwan, M. Ag, Dekan FKM Dr. H. Azhari Akmal Tarigan, M.Ag, Wadek 1 Dr. Muhammad Yafiz, M.Ag, Wadek 2 Dr. Chuzaimah Batubara, M.Ag, Wadek 3 Candidat Dr. Nurlaila Harahap,   Ketua Jurusan Akuntansi Syariah Hendra Hermain, M.Pd  serta Para Dosen dan Staff FEBI UIN SU.