Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-04-24 | Waktu : 14:30:16
Workshop Audit Mutu Internal UIN SU

Medan, 22  April 2017. Wakil Rektor I Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd membuka Workshop Audit Mutu Internal Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sumatera Utara Medan 20 - 21 April 2017 di Hotel Dharma Deli.

Prof. Syafaruddin menyampaikan bahwa eksistensi auditor internal ini sangat diperlukan untuk menjaga akuntabilitas dan kredibilitas UIN SU JUARA dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

Audit Mutu Internal merupakan bagian dari Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) perguruan tinggi. Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 52, ayat 2 menjelaskan bahwa“Penjaminan mutu dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi.” Evaluasi sebagaimana dimaksud pada Pasal 52 ayat 2 UU Dikti di atas salah satunya dapat dilakukan dengan Audit Mutu Internal (AMI).

Sejatinya audit mutu internal menjadi instrumen penting untuk mengukur dan mengetahui  sebuah perguruan tinggi, sudah sampai dimana mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian, di  level mana mutu dosen, pegawai, dan mahasiswa. Walaupun Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) diberi amanah untuk mengawal mutu di institusi, sesungguhnya mutu institute bukan tanggung jawab LPM saja,  tetapi tanggung jawab semua warga kampus baik dosen, tenaga kependidikan terlebih auditor yang diberi amanah untuk mengaudit institusi atau prodi-prodi yang ada. Karenanya semua unit yang ada di UIN SU Medan harus bergerak bersama, berkomitmen dan ber’azam untuk meningkatkan mutu institusi yang kita cintai ini.

Perbaikan berkelanjutan (kaizen) memang sebuah keniscayaan, UIN SU Medan memang harus bahkan wajib menjadi lebih baik dari sebelumnya. Karenanya kegiatan audit internal ini harus dilaksanakan secara periodic, demikian juga jumlah dan kompetensi auditor harus terus ditingkatkan sehingga dapat memberikan nilai tambah  bagi UIN Sumatera Utara. Para auditor yang diamanahkan mengaudit tentunya tidak mencari-cari kesalahan audetee, namun mencocokkan kesesuaian antara standar pendidikan tinggi yang ditetapkan dengan kenyataannya di lapangan, mencari peluang bagi peningkatan mutu internal, dan membantu meningkatkan kualitas dan kinerja audetee/prodi-prodi di UIN Sumatera Utara. Auditor-anditor internal UIN Sumatera Utara harus menjadi barisan terdepan dalam jihad mewujudkan kampus yang berkualitas. Karenanya paradigma auditor harus beroreintasi kepada perbaikan dan pencapaian standar mutu yang ditetapkan oleh UIN Sumatera Utara. Tentunya kesemua itu harus dilakukan secara sistematis, terukur, serta berkesinambungan, lewat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas.

Melalui kegiatan Workshop Audit Mutu Internal Perguruan Tinggi (AMI PT) yang berlangsung selama dua hari dengan narasumber Dr. Ir. Erfiani, M.Si dari IPB Bogor  dan Dr. Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri dari USU Medan ini diharapkan mampu mengawal mutu UIN Sumatera Utara, dan temuan-temuan yang diperoleh dalam pelaksanaan AMI PT nantinya menjadi dasar bagi perbaikan guna peningkatan kualitas mutu dan mewujudkan UIN Sumatera Utara juara, maju dan sejahtera.

Workshop ini dihadiri oleh para pimpinan se- UIN SU dari perwakilan  Fakultas dan Prodi yang mendapat undangan workshop pelatihan  audit mutu internal ini.