Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-07-03 | Waktu : 16:27:10
Pembekalan dan Pelepasan KKN Integrasi – Transdisipliner Mahasiswa UIN SU Tahun 2017

Medan, 03 Juli 2017. Rektor UIN SU Prof. Dr. H. Saidurrahman, MA menyampaikan kata sambutan pada pembekalan dan  pelepasan KKN Mahasiswa 3-4 Juli 2017 di gedung serbaguna . Prof. Dr. H. Saidurrahman menyampaikan perlunya pembekalan ini dimaksudkan agar para mahasiswa mendapat pemahaman dan ketrampilan yang lebih mendalam mengenai KKN yang akan dilaksanakan di tempatnya masing masing dan dengan jumlah yang paling besar dalam sejarah UIN SU.  Selama berada dilapangan, selain mengajar mereka juga belajar, serta diarahkan oleh para dosen pembimbingnya untuk melakukan program-program konkrit dengan melibatkan masyarakat secara langsung dalam pembinaan, pelestarian dan pengembangan ilmu di masyarakat. Nilai-nilai unggul KKN bagi mahasiswa UIN SU antara lain dalam bentuk proses pembelajaran menjadi leader, manajer, dan enterpreuner, proses membentuk moral kepribadian yang berkarakter mulia dan bermartabat, pengembangan diri yang tangguh sebagai inovator, motivator, dinamisator, dan problem solver, serta pembelajaran andragogik bersama masyarakat, ujar Prof. Saidurrahman.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si, Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan , Anggota MPR RI, Lembaga Mitra BNP2TKI Jenderal Purnawirawan Saud Usman , Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Ramadhan, MA Wakil Rektor II, Prof. Dr. Amroeni Drajat selaku Wakil Rektor III,  Kepala Biro AUPK Drs. H. Abd Rahim, M.Hum ,Ketua LP2M UIN SU, Para Dekan se – UIN SU dan para pejabat lainnya.

Gubernur Sumatera Utara Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si menyampaikan kata sambutan dan harapannya, semoga pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bermanfaat bagi mahasiswa, bagi masyarakat dan berjalan dengan sukses. Prof. Amroeni menyampaikan materi mengenai arah kebijakan KKN Integrasi – Transdisipliner UIN SU Medan.

Ketua Panitia Dr. Hj. Dahlia Lubis, MA menyampaikan bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.  Dirjen Diktis di Indonesia telah mewajibkan setiap Perguruan Tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan,penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Beliau Juga menyampaikan beberapa tujuan dari pelaksanaan KKN Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa, melaksanakan terapan IPTEKS secara teamwork dan interdispliner, menanamkan nilai kepribadian, Nasionalisme dan jiwa Pancasila, Keuletan, etos kerja dan tangung jawab, Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan, menanamkan jiwa penelitian dan pengabdian, Eksploratif dan analisis. Mendorong learning community dan learning society. Semoga KKN Tahun ini Lancar dan memberikan kesan yang baik kepada Masyarakat.