Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-08-18 | Waktu : 17:34:32
Workshop Sertifikasi Profesi Mahasiswa serta Penandatanganan MoU Antara LSP Keuangan Syariah , ASBISINDO Pusat dan PTKIN Se - Indonesia

Medan, 10 Agustus 2017. FEBI UIN SU tampil sebagai tuan rumah pertemuan para pimpinan FEBI Se-Indonesia. Penandatanganan MoA oleh Dekan FEBI dan Workshop Sertifikasi Profesi Mahasiswa serta Penandatanganan MoU antara LSP Keuangan Syariah , ASBISINDO Pusat dan PTKIN Se - Indonesia di Hotel Arya Duta yang dibuka oleh Rektor UIN SU.

FEBI selaku tuan rumah merupakan suatu kehormatan untuk menjamu semua tamu yang akan diundang dengan lancar. Kegiatan ini ditandai dengan penandatangan MoU UIN SU oleh Rektor UIN SU Prof. Dr. H. Saidurrahman, M.Ag dengan Pimpinan ASBISINDO pusat dan Pimpinan LSP Keuangan Syariah Indonesia menjadi moment penting dalam perkembangan dunia perbankan syariah. Pada pertemuan para Pimpinan FEBI se Indonesia ini Rektor UIN SU Prof. Dr. H. Saidurrahman, M.Ag menyampaikan bahwa FEBI UINSU Medan menjadi tuan rumah penandatanganan MoU terbanyak Yaitu 26 dari 35 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dari Seluruh Indonesia yang diundang. UIN SU memiliki 8 fakultas yang akan terus melahirkan lulusan terbaik buat bangsa ini dalam ikut serta dalam membangun perabadan Indonesia dalam mencapai visi misi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sebagai masyarakat pembelajar berdasarkan nilai-nilai Islam (Islamic Learning Society)., dan untuk lulusan FEBI agar dapat mengikuti ujian sertfikasi profesi mahasiswa (WPPE)  demi meningkatkan kualitas bersaing dan mendapat prioritas di dunia kerja saat ini agar para dosen mahasiswa dan alumni dapat menunjukkan kelasnya menjadikan UIN SU JUARA, ujar Prof. Saidurrahman.

Kegiatan ini juga dilakukan penandatangan MoU antara Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra, MA dengan ASBISINDO Pusat. Sebuah langkah yang terus menggelorakan dan membumikan ekonomi syariah dalam mengembangkan potensi potensi dari perbankan syariah di Indonesia. Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra menyampaikan bahwa penandatanganan MoA antara FEBI Se-Indonesia dengan Asosiasi Bank Syariah  Indonesia ( ASBISINDO) pusat , LSP Keuangan Syariah pusat ini menjadi penguatan yang dalam memajukan ekonomi syariah khsusnya perbankan syariah, dimana  saat ini perlu kesepahaman antara organisasi , lembaga dengan pihak institusi untuk kemajuan perbankan syariah  menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan syariah dunia. Harapan ini merupakan akan dapat menjadi kenyataan dengan para akademisi dan para pelaku ekonomi syariah terus berpikir maju dalam pengembangan ekonomi syariah yang lebih. Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra juga menyampaikan beberapa hasil notulensi rakor AFEBIS di UINSA Surabaya, 18 Juni 2017 kemarin berdasarkan beberapa komisi, komisi I mengenai nomenklatur, KKNI, dan SKPI , dari point nomenklatur yang berisikan mempertimbangkan nomenklatur yang ada dilingkungan Kemenag, dan Depkumham , maka AFEBIS tidak menggunakan Asosiasi tetapi Ikatan, sehingga AFEBIS menjadi IFEBIS.Komisi II telah merumuskan job desription sesuai dengan pembagian struktur kepengurusan, Komisi III  menghasilkan rumusan penguatan keanggotaan wilayah.

Acara ini dilanjutkan dengan sesi “Workshop Sertifikasi Profesi Mahasiswa “ dimana para pemateri dari ASBISINDO dan LSP Keuangan Syariah Indonesia menyampaikan betapa pentingnya dan wajib bagi mahasiswa agar dapat bersaing secara global untuk mengikuti ujian sertifikasi pasar modal agar mendapatkan sertifikat WPPE.  Kegiatan ini sesi workshop dan diskusi ini dimoderatori oleh Wakil Dekan I FEBI UIN SU Dr. H. Muhammad Yafiz, MA dimana para peserta sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan dapat dilihat pada sesi tanya jawab yang banyak bermunculan pertanyaan pertanyaan yang mengenai sertifikasi profesi mahasiswa (Sertfikat WPPE).

Hadir juga pada saat kegiatan berlangsung para undangan dari para pimpinan 26 PTKIN se-Indonesia, Dekan FST Dr. H. Jamil Siahaan,  Wakil Dekan II Dr. Hj. Chuzaimah Batubara, M.Ag , Wakil Dekan III Dr. Nurlaila, Ketua panitia Drs. Sugianto, MA , para Ketua dan Sekretaris Jurusan , para Dosen dan Staff FEBI UIN SU yang tergabung dalam kepanitiaan.