Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-09-07 | Waktu : 11:59:53
UIN SU Care for Rohingya

Medan, 07 September 2017. Apel pagi yang dipimpin oleh Rektor UIN SU mengawali aktifitas warga kampus UIN SU, di tengah genosida yang sedang terjadi terhadap muslim Rohingya di Myanmar. Rektor UIN SU Prof. Dr. H. Saidurrahman, M.Ag dalam amanatnya menyampaikan sikap kepedulian dan rasa belasungkawa civitas akademika UIN SU. Sebagai sesama muslim kita adalah saudara, tentu kita tidak tega melihat saudara seakidah kita dibantai dan dibunuh secara sadis, oleh sebab itu sivitas akademika UIN SU menyampaikan pernyataan sikap terhadap tragedi genosida Muslim Myanmar.
PERNYATAAN SIKAP
KELUARGA BESAR UIN SUMATERA UTARA
TENTANG KEJAHATAN KEMANUSIAAN DI MYANMAR

1. UIN Sumatera Utara mengutuk keras atas terjadinya kejahatan kemanusiaan bahkan pembantaian massal (genocide) yang dilakukan militer Myanmar terhadap penduduk muslim Rohingnya di Propinsi Rakhine.
UIN Sumatera Utara menyatakan bahwa pembantaian massal sangat bertentangan dengan hak asasi manusia yang sejatinya harus dijunjung tinggi seluruh umat manusia. Juga berlawanan dengan ajaran agama-agama yang senantiasa menyerukan perdamaian dan persaudaraan kemanusiaan. Oleh sebab itu, Pemerintah Myanmar harus segera menghentikan kejahatan kemanusiaan di Rakhine dan memberikan jaminan keamanan kepada rakyat Myanmar terutama yang tinggal di Rakhine..
2. UIN Sumatera Utara mendesak PBB untuk segera turun tangan mengatasi tragedi kemanusiaan di Myanmar dan sekaligus melakukan investigasi terhadap keberutalan Junta Militer Myanmar di Rakhine. Selanjutnya UIN SU menuntut PBB untuk menentukan sikap tegas dan memberi sanksi keras terhadap Myanmar.
3. UIN SumateraUtara mendesak OKI dan negara-negara Islam untuk segera membantu pemulihan sosial budaya, ekonomi, politik dan spiritual keberagamaan bagi umat Islam Rohingnya di Myanmar.

4. UIN Sumatera Utara mendesak negara-negara Asean untuk membantu Myanmar dan masyarakat Rohingnya untuk mencari solusi permanen dengan menggunakan prinsip win win solution.
5. UIN Sumatera Utara mendukung langkah-langkah yang telah diambil Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka membantu penyelesaian kejahatan kemanusiaan di Myanmar.
Billahittaufiq Wal Hidayah,

Medan, 7 September 2017
Rektor

Prof. Dr. Saidurrahman, M. Ag

Dalam apel pagi tersebut, UIN SU berhasil menggalang dana solidaritas sebesar Rp. 60.000.000 yang diberikan langsung kepada ACT (Aksi Cepat Tanggap) untuk diserahkan kepada penduduk muslim Rohingya di Myanmar.