Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-03-19 | Waktu : 18:52:29
Kunjungan Mahasiswa Universitas Sultan Zainal Abidin (UniSZA), Malaysia ke UIN Sumatera Utara Medan

Medan (UIN SU)

Pertumbuhan Sukarelawan Siswa (PERSIS) Universiti Sultan Zainal Abidin  (UniSZA) Kuala Nerus Trengganu Malaysia bekerjasama dengan Pejabat Timbalan Nasib Canselor, Hal Ehwal Pelajar dan Alumni melakukan kunjungan ke UIN SU Medan pada hari Kamis dan Jum'at, 15-16 Maret 2018.

Kunjungan yang mengusung tema "Program Kesukarelawanan dan Kemanusiaan ke Indonesia tahun 2018 " tersebut bertujuan untuk menjalin hubungan yang lebih erat antar negara serumpun Indonesia dan Malaysia serta bertukar ide dan informasi antar ke dua negara.

Kunjungan tersebut diterima secara resmi oleh Rektor UIN SU Medan yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. Amroeni, M.Ag. didampingi para Wakil Dekan III di lingkungan UIN SU, para Dewan Mahasiswa Fakultas (DEMAF) /Senat Mahasiswa Fakultas (SEMAF), serta Presiden mahasiswa Malaysia di UIN SU beserta para mahasiswa Malaysia UIN SU Medan.

Prof. Amroeni dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan menerima secara bahagia lawatan Pertumbuhan Sukarelawan SIswa UniSZA (PERSIS) ke UIN SU Medan. lebih lanjut ia menyampaikan bahwa kunjungan ini diharapkan dapat menghasilkan program yang baik. Selain itu, Prof. Amroeni juga memperkenalkan secara khusus para mahasiswa yang mewakili  DEMAF dan SEMAF serta para Mahasiswa Malaysia yang belajar di UIN SU Medan yang dipimpin oleh Ahmad Mujahid bin Muhammad Kamil sebagai Presiden Mahasiswa Malaysia untuk UIN SU Medan.

Dr, Abdullah bin Ibrahim selaku Penasehat Pertumbuhan Sukarelawan Siswa UniSZA yang juga sebagai Pengarah Pusat Pembangunan Holistik Pelajar selaku pemimpin rombongan PERSIS UniSZA dalam sambutannya menyampaikan rasa suka cita dapat melakukan lawatan ke Indonesia khusunya ke UIN SU Medan. "Para pemimpin dan masyarakat Indonesia patut dicontoh oleh negara yang lain karena masyarakat Indonesia sayang kepada Bangsa dan sayang kepada Negara. Ini dapat dilihat pada saat Indonesia mengalami masa krisis beberapa tahun yang lalu", ujar Abdullah. 

Selain itu Abdullah menyampaikan bahwa kerjasama lintas Perguruan Tinggi antar negara sudah sangat dibutuhkan. UniSZA sebagai Perguruan Tinggi di Malaysia merasa butuh untuk menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia diantaranya UIN SU Medan. Abdullah juga merasa sangat bangga karena ternyata terdapat 300 Mahasiswa yang berasal dari Malaysia yang  tengah menunutut ilmu di UIN SU Medan.

Acara yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut diisi  dengan kegiatan diskusi yang dipimpin oleh Presiden Pertumbuhan Sukarelawan SIswa (PERSIS) UniSZA Muhammad Hanzalah Bin Zulkiflee. Diawali dengan perkenalan para pengurus PERSIS UniSZA dan para Mahasiswa UIN SU Medan dan dilanjutkan dengan  sharing  informasi dan pengalaman antar mahasiswa dari 2 negara disamping untuk membina hubungan Kolaboratif Sukarelawan Mahasiswa UniSZA dan UIN SU Medan . Diharapkan kegiatan tersebut dapat menjalin hungan silaturrahmi  yang lebih erat serta dapat menciptakan rancangan Program Kesukarelawanan Dan Kemanusiaan Mahasiswa Indonesia dan Malaysia. (YS Humas)