Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-03-20 | Waktu : 22:11:24
KKN Mandiri Internasional 2018 Mahasiswa UIN SU di Pulau Pinang

Medan (UIN SU)

Rektor UIN SU Medan yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. Amroeni, M.Ag didampingi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Prof. Dr. H. Pagar, M.Ag. dan Ketua Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Hj. Dahlia Lubis, M.Ag serta para Wakil Dekan III di lingkungan UIN SU Medan menerima dan menyambut kedatangan 39 orang  Mahasiswa UIN SU Medan yang telah selesai melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Internasional UIN SU Medan Tahun 2018 di Pulau Pinang Malaysia sejak tanggal 28 Januari s.d. 28 Februari 2018 di Ruang Sidang Biro Rektor Kampus II UIN SU Medan (19/03/18).

KKN Mandiri Internasional tersebut diikuti oleh para Mahasiswa dari 3 Fakultas yaitu Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Fakultas Syari'ah dan Hukum (FSH) dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam (FUSI) yang terjun langsung ke berbagai daerah di Pulau Pinang antara lain Pajang Seng, Lahar Minyak dan Teluk Bahang untuk melaksanakan salah satu Dharma dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk KKN.

Prof. Pagar dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program KKN Mandiri Internasional ini merupakan wujud pelaksanaan program Internasionalisasi yang digagas oleh Rektor UIN SU Medan Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag. "Rektor UIN SU mempunyai cita-cita dan harapan mulia untuk memajukan lembaga, para ASN dan Mahasiswa. Rektor juga  mempunyai perhatian yang sangat besar dalam menyahuti Program Internasionalisasi dengan salah satunya mengadakan KKN berskala Internasional atau KKN Antar Bangsa. Kami megucapkan Selamat dan Sukses kepada 39 orang Mahasiswa KKN Mandiri Internasional Tahun 2018 di Pulau Pinang karena telah menjalankan tugas secara baik. Indikator ini dilihat dari diterimanya Mahasiswa kita secara baik di masyarakat dan mendapat keluarga baru (keluarga angkat) yang menyambut mereka dengan sangat baik", ujar Prof. Pagar.

Selain itu Prof. Pagar menyampaikan bahwa pemerintah Pulau Pinang juga sangat mengapresiasi kegiatan KKN Mandiri Internasional ini dan selanjutnya menawarkan kegiatan lanjutan secara kolaboratif antara Mahasiswa UIN SU Medan, mahasiswa Malaysia dan Thailand  dengan mensupport fasilitas dan anggaran selama KKN berlangsung yang insya Allah akan dilaksanakan pada tahun depan. Selanjutnya  LP2M juga akan mengutus 50 orang Mahasiswa untuk melaksanakan KKN Khusus dalam rangka melaksanakan dakwah selama bulan suci Ramadhan ke Pulau Samosir. 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama juga menyampaiakan rasa bangganya terhadap para Mahasiswa KKN atas suksesnya pelaksanaan KKN Mandiri Internasional yang merupakan KKN Internasional Perdana UIN SU. Lebih lanjut Prof. Amroeni menambahkan bahwa KKN pada saat ini telah mengalami perubahan dan modifikasi sehingga lebih variatif. Ada KKN Tematik, KKN Nasional, KKN Internasional, KKN Kebangsaan, KKN Bersama dan sebentar lagi UIN SU Medan juga akan melaksanakan KKN Khusus yang akan dilaksanakan selama Bulan Ramadhan. Oleh sebab itu lembaga kita sebagai Perguruan Tinggi memberikan respon terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ini merupakan implementasi dari salah satu Dharma ke 3 dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. dan sebagai perintis pelaksanaan KKN Mandiri Internasional ini, para Mahasiswa layak diberikan Apresiasi, lanjut Pror. Amroeni.

Dalam kesempatan tersebut, Ja'im dan Nur Intan Sahira sebagai peserta KKN Mandiri Internasional menyampaikan rasa lega dan bahagia karena telah sukses melaksanakan KKN  dan telah berhasil menjaga nama baik UIN SU Medan. " Selama menjalani KKN Mandiri Internasional di Pulau Pinang Malaysia, kami 39 orang ini berjanji untuk selalu menjaga nama baik UIN SU. Dan kami berharap agar kegiatan seperti ini harus terus dilanjutkan karena merupakan ide serta gagasan yang sangat baik", ujar Ja'im.  (YS Humas)