Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-03-23 | Waktu : 22:01:15
PRODUK TERBARU LABORATORIUM ROBOTIK FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UINSU 2018 (LPG Leakage Detector)

Medan (UIN SU)

Setelah lab. Robotik Fakultas Sains dan Teknologi UINSU berhasil membuat beberapa purwarupa (Prototype) seperti Robot Hexapod Spiderbot dan Running Text berbasis Android, maka kali ini Fakultas SAINTEK yang dimotori oleh Klub Robotik kembali menghasilkan sebuah purwarupa "LPG Leakage Detector" (Pendeteksi Kebocoran LPG) berbasis MQ2-Sensor Module yang sangat mudah di implementasikan dan dengan biaya produksi yang cukup murah.

Purwarupa ini dilengkapi dengan microcontroller berbasis ATmega328 dengan tipe CPU 8-bit AVR dan performansi 20 MIPS pada 20 MHz sehingga sistem yang dibangun menggunakan microcontroller ini akan bersifat realtime.

Menggunakan Sensor MQ2, purwarupa ini ditujukan untuk mendeteksi kebocoran gas LPG (Liquid Petroleum Gas) namun juga mampu mendeteksi gas lain seperti H2,CH4,CO,Alkohol,Propana bahkan Asap rokok. Sensitivitas sensor sendiri dapat di atur menggunakan potensiometer dan berdasarkan kepekatan gas.

Cara kerja purwarupa ini cukup dengan menempelkan alat di dekat regulator tabung gas (menggunakan magnet sehingga mudah buka/pasang) dan mengaktifkan sistem. Selanjutnya sistem akan langsung mendeteksi jika terjadi kebocoran gas dan saat kondisi normal, lampu led akan blinking dengan warna hijau menyatakan status aman, namun jika terdapat kebocoran gas otomatis lampu led akan berubah menjadi merah dan buzzer akan berbunyi.

Dengan purwarupa ini diharapkan kekhawatiran masyarakat akan terjadinya kebocoran gas di rumah dapat diantisipasi sejak dini, Hal ini akan menghemat biaya (Menghindari gas LPG habis lebih cepat karena kebocoran halus di regulator) juga membuat masyarakat khususnya ibu rumah tangga merasa lebih aman dalam aktifitasnya dirumah sehari-hari.

Biaya pembuatan purwarupa per-unit relatif sangat murah, dengan bentuk kecil dan simple mudah2an dapat berguna bagi masyarakat umum, meskipun masih memerlukan pengembangan dan pengujian lebih jauh dengan berbagai kemungkinan kasus sebelum dapat di produksi dalam jumlah banyak.

*Fakultas SAINTEK HEBAT untuk UINSU Semakin JUARA *