Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-04-13 | Waktu : 16:16:22
Kunjungan Observasi Lapangan Peserta Diklat Manajemen Perkantoran Balai Diklat Keagamaan Medan ke FST UIN SU

Medan (UIN SU) . Para Pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Ibu Noor Azizah, M.Hum didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Bapak Drs. Asy’ari, MM pada tanggal 12 April 2018 menerima kunjungan Kepala Balai Diklat Keagamaan Medan yang diwakili oleh Widyaiswara Bapak Drs. Suten Hasibuan, M.Pd didampingi oleh Bapak Mahmun Syarif, M.Pd dan Bapak Tanggor Hasibuan, M.Pd dalam kegiatan Observasi Lapangan (OL) peserta Diklat Manajemen Perkantoran sebanyak 30 orang staf dari berbagai Satker di lingkungan Kementerian Agama Sumatera Utara Medan.
Kegiatan observasi lapangan peserta Pendidikan dan Latihan (Diklat) Manajemen Perkantoran Balai Diklat Keagamaan (yang selanjutnya disingkat BDK) Medan ini bertujuan untuk menggali pengetahuan tentang materi observasi lapangan itu sendiri yang dibagi kepada 3 kelompok antara lain:
1. Tata Persuratan Dinas online
2. Arsiparis
4. Protokoler
Dalam hal ini pimpinan Fakultas yang diwakili Ibu Noor Azizah menyambut baik kunjungan Pimpinan BDK ini karena sudah mempercayai Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan untuk berbagi pengalaman ketiga materi observasi lapangan peserta Diklat manajemen perkantoran di atas. Setelah Rektor UIN Sumatera Utara Medan Bapak Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag tanggal 19 Oktober 2017 melounching aplikasi Paperless Office (PLO), Fakultas Sains dan Teknologi resmi menggunakan aplikasi Paperless Office (PLO) sebagai aplikasi tata persuratan dinasnya. PLO ini merupakan Proyek Perubahan ibu Asriani, S.Ag yang berhasil sebagai salah satu peserta terbaik PIM IV Angkatan III Tahun 2017 di BDK Medan. Sampai saat ini aplikasi PLO ini sudah berjalan dengan baik di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan karena aplikasi ini gayung bersambut dari salah satu target Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Digitalisasi, “pungkas ibu Noor Azizah dalam sambutannya menerima kunjungan tersebut”.
Terkait materi observasi lapangan ini disampaikan oleh Narasumber yang merupakan Kepala Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan bapak Rakhmat Kurniawan R, M.Kom (PIC Paperless Office) dan Kasubbag Administrasi Umum dan Keuangan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan (Penggagas Proyek Perubahan PLO sebagai peserta PIM IV Angkatan III Tahun 2017 Balai Diklat Keagamaan Medan).
Antusias peserta sangat luar biasa dalam menanggapi dari hasil paparan narasumber dalam menggunakan aplikasi Paperless Office (PLO) ini, ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta diklat, antara lain:
1. Bagaimana proses alur surat masuk dan cara mendisposisi melalui aplikasi PLO ?
2. Apakah hasil disposisi yang dibuat atasan/ pimpinan terlihat semua dalam aplikasi seperti disposisi manual ?
3. Apakah surat-surat yang sudah diupload ke aplikasi tersimpan oleh masing-masing pengguna atau apakah ada bank data yang akan menyimpan semua arsip surat-surat dinas tersebut ?
4. Bagaimana proses arsip dalam aplikasi PLO, dan apakah sama dengan tata arsip manual ?
5. Apakah disposisi yang sudah dibuat dalam aplikasi PLO bisa diedit kalau ada yang urgen harus dirubah ?
6. Apakah peserta bisa mendapatkan fotocopy panduan penggunaan manual aplikasi PLO ini ?
7. Bagaimana protokoler pada Fakultas Sains dan Teknologi UIN SU Medan, dan apakah ada staf protokoler di Fakultas ini ?
Kesemua pertanyaan ini terjawab dengan sangat memuaskan bagi seluruh peserta khususnya bagi peserta yang bertanya sangat begitu antusias menggali cara penggunaan aplikasi PLO yang sudah dipakai hampir 1 (satu) tahun di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan.