Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-05-28 | Waktu : 15:19:56
Konferensi Pers Pelaksanaan UM-PTKIN Tahun 2018

Medan (UIN SU)

4.920 orang calon mahasiswa baru mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) 2018 Panlok UIN SU Medan, Selasa (22/05/18) untuk memperebutkan 1.491 kuota jalur UM PTKIN  di UIN SU.

Dalam acara Temu Pers bersama media cetak dan elektronik  tentang pelaksaan UM PTKIN, Rektor UIN SU, Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag. mengatakan UM PTKIN merupakan ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTKIN seperti UIN, IAIN dan STAIN. "UM PTKIN ini dilaksanakan secara nasional dan bersamaan di seluruh PTKIN di seluruh Indonesia yang dikoordinasi oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Melalui seleksi UM PTKIN diharapkan dapat menjaring calon mahasiswa yang memiliki kemampuan yang baik dan dapat menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dengan tepat waktu", papar Rektor yang didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. H. Syafaruddin, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. Amroeni, MA., Kepala Biro AUPK, Dr. H. Tohar Bayoangin, M.Ag.,Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Dra. Fitri Fatimah, MM, Kepala Bagian Kerjasama, Kelembagaan dan Humas, Drs. Abdullah Saha dan Kasubbag Humas dan Informasi Yunni Salma, MM.

Selanjutnya Rektor menyampaikan UM PTKIN ini merupakan kelanjutan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) PTKIN yang juga merupakan jalur masuk ke PTKIN. " Tahun 2018 ini UIN SU diberi kuota sebanyak 6.805 untuk 38 Program Studi S1, dan telah menerima calon mahasiswa baru melalui jalur SPAN PTKIN sebanyak 2.472 orang yang telah diumumkan pada tanggal 1 Mei 2018,  dan juga telah menerima calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN sebanyak 587 orang yang telah diumumkan pada tanggal 17 April 2018, jalur SBMPTN sebanyak 590 orang, sementara untuk UM PTKIN mempunyai kuota 1.491 orang dan selebihnya akan ditampung melalui jalur Ujian Masuk Mandiri (UM MANDIRI) UIN SU", urai Rektor.

Selain itu Rektor mengatakan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di UIN SU mengalami peningkatan dari sebelumnya. "Alhamdulillah, sejak naiknya Akreditasi , peminat UIN SU semakin meningkat. Disamping itu UIN SU juga terus berbenah untuk meningkatkan kualitas terutama kualitas pelayanan akademik, sarana prasarana dan pembangunan gedung kuliah guna menampung mahasiswa baru yang semakin bertambah, seperti yang tampak di depan, kita sudah memulai membangun gedung kuliah yang direncanakan 6 lantai dan ini merupakan  bantuan dari SBSN", ujar Rektor.

Ketua Panitia Prof. Dr. H. Syafaruddin, M.Pd menyebutkan, UM PTKIN UIN SU ini dilaksanakan dibeberapa lokasi yaitu, Kampus I UIN SU di Jalan IAIN Nomor 1 Medan, Kampus II UIN SU di Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, MAN I Medan dan MAN 2 Medan. Materi ujian terdiri dari Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB), IPA, IPS dan IPC. "Total jumlah ruang yang dipergunakan untuk pelaksanaan ujian adalah 247 ruang termasuk 2 ruang Computer Base Test (CBT) dengan jumlah pengawas 490 orang serta 27 orang pengawas siaga. Tahun ini 1 orang calon mahasiswa berkebuthan khusus juga mengikuti seleksi UM PTKIN di UIN SU Medan dan kami telah memfasilitasi 1 ruang yang dikhususkan bagi peserta yang berkebutuhan khusus/disabilitas yang dibantu oleh 2 orang pendamping yang bertugas untuk membacakan lembaran soal dan mengisi lembar jawaban,", sebutnya.

Prof. Syafaruddin menambahkan, UM PTKIN ini akan diumumkan pada tanggal 10 Juli 2018 mendatang. "Selanjutnya UIN SU masih mempunyai 1 jalur penerimaan mahasiswa baru yang merupakan jalur terakhir dari 5 jalur penerimaan mahasiswa baru di UIN SU yakni Jalur UM Mandiri yang dapat diakses di website pendaftaran : http://pmb.uinsu.ac.id", tambahnya. (YS Humas)