Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-06-08 | Waktu : 07:50:56
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Medan (UIN SU)

Rektor UIN SU Medan, Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag. memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke 73 di lapangan upacara Kampus I UIN SU Jalan IAIN Nomor 1 Medan, Jum'at (01/06/18).

Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) UIN SU. Upacara ini untuk meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Mengusung tema "Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi", Rektor UIN SU membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo. "Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelososk Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita". ujar Rektor membacakan sambutan Presiden.

Dalam sambutan Presiden Jokowi tersebut, Rektor menyampaikan semangat persatuan dan persaudaraan serta selalu menjaga perdamaian dan kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, saling menghormati, saling toleran, saling membantu untuk kepentingan bangsa dan saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

"Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila, Semua Anda Indonesia , semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila", kata Rektor menutup sambutan. (YS Humas)