Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-06-29 | Waktu : 14:24:17
TIM UINSU Mengikuti Kompetisi Internasional Facebook Hackathon Challenge Community 2018

Medan (UIN SU)

Circle Developers Medan Build Days_ merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Circle Developer Medan yang disponsori oleh Facebook untuk persiapan event besar dari Facebook yaitu *"Hackathon Challenge Community 2018"*.

Pada tahun ini, Facebook mengadakan kompetisi lokal di 102 kota di seluruh dunia,
dan 8 kota indonesia, dan Medan termasuk ke salah satu kota yang dilirik menjadi localhost untuk Indonesia.

Sebelum event utama yang diadakan secara online, proses seleksi diadakan di regional Medan terlebih dahulu. Acara ini diadakan hari ini, Kamis pada tanggal 28 Juni, bertempat di Saga Creative Hub, jln. Setia budi.

Pada acara tersebut, turut hadir leader Developer Circle Medan, Sastra Nababan. Beliau mengatakan bahwa Circle Developer merupakan wadah bagi developer yang ada di indonesia untuk membangun dan berkolaborasi menciptakan sebuah platform aplikasi yang berguna dalam melakukan beragam jenis aktivitas.

Dengan adanya event ini, diharapkan para developer lokal bisa berkompetisi secara global menciptakan platform aplikasi yang dapat bersaing secara global. Untuk regional medan, Acara ini diikuti oleh 4 TIM dan salah satu TIM berasal dari UINSU. Sebagai salah satu Universitas yang sedang giat mengembangkan sektor IT (khususnya Digitalisasi) maka Program Studi Ilmu Komputer yang digawangi oleh Haxors Programming Club mengirim TIM ke event internasional ini. Adapun TIM UINSU diwakili oleh : 1. Aditia Darma Nasution, 2. Adam Falizufa Sagara, 3. Agung Wijaya adalah mahasiswa Semester-4 dan 6 prodi Ilmu Komputer yang akan bersaing dalam pengembangan aplikasi yang nantinya akan diikutkan dalam event *Hackaton Facebook 2018*.

Dalam presentasinya, TIM dari UINSU mengenalkan produk aplikasi *"FANNY"*, yaitu sebuah "community apps" yang akan membantu para pengguna dalam memudahkan memanajemen proyek atau sebuah event. *FANNY* seperti mengawinkan kelebihan antara "SLACK" dan "GITHUB" akan membantu dalam hal pengelolaan sumber daya, pengelolaan waktu, serta asset yang diolah dalam sebuah proyek dan tentunya realtime.

Hasil dalam presentasi aplikasi tersebut, TIM dari uinsu ini mendapat antusias yang sangat baik dari para mentor serta juri yang nantinya akan membantu proses pengembangan aplikasi ini. Setelah ini, TIM dari UINSU akan melakukan Sharing & Development secara rutin untuk mempersiapkan event selanjutnya mengahadapi proses seleksi di tingkat regional.

Kami mengharapkan Doa dan dukungan keluarga besar UINSU mudah-mudahan TIM yang dikirim dapat menjuarai event bergengsi ini, dan para mahasiswa/i UINSU khususnya prodi ilmu komputer untuk dapat terus berkarya mengembangkan aplikasi/platform yang dapat bersaing di tingkat nasional maupun global.

*Untuk Fakultas SAINTEK HEBAT dan UINSU SEMAKIN JUARA*