Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-08-18 | Waktu : 15:31:39
Tahapan Seleksi Calon Penerima Bantuan UKT Unit Pengumpul Zakat (UPZ) UIN SU

Medan (UIN SU).

Sebanyak 371 orang calon penerima bantuan UKT Unit Pengumpul Zakat (UPZ) UIN SU mengikuti tahap interview dan wawancara di Kampus II UIN SU Medan Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate (13/08/18). Para peserta interview merupakan peserta yang sebelumnya dinyatakan lulus dalam proses seleksi administrasi.

Ketua UPZ, Dr. Achyar Zein, MA., menyampaikan tahapan ini dimaksudkan menjadi salah satu indikator untuk memberikan gambaran serta menentukan tingkat kelayakan calon penerima Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) UPZ. "Kriteria lulus seleksi meliputi administrasi, akademik, psikotes, wawancara dan data faktual terkait kriteria dhuafa,” ucap Dr. Achyar.

371 mahasiswa tersebut bersal dari 5 Fakultas di lingkungan UIN SU yaitu 36 orang dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), 81 orang dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), 59 orang dari Fakultas Syari'ah dan Hukum (FSH),  30 orang dari Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam (FUSI), 81 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), 38 orang dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), 31 orang dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan 15 orang dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Sekretaris UPZ UIN SU Drs. Abdullah Syaha, menyampaikan bahwa Program bantuan UKT UPZ ini merupakan program bantuan pendidikan bagi mahasiswa kurang mampu berupa bantuan UKT sebesar 80% dari nilai UKT per semester  yang dipungut dari zakat profesi para ASN UIN SU Medan sebesar 2,5% setiap bulan..

Rektor UIN SU, Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag, berharap program ini mampu memberikan motivasi dan melecut semangat belajar mahasiswa, khususnya bagi penerima bantuan pendidikan UPZ ini. "Bantuan UKT UPZ, selain membantu dalam biaya pendidikan  namun juga mampu memberikan motivasi, pemahaman dan kepedulian mahasiswa terhadap sesama serta dapat membangun semangat belajar mereka ", ujar Rektor.

Selain itu Rektor berharap dengan bantuan pendidikan UPZ ini, para mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikan sampai tuntas. "Dengan bantuan pendidikan melalui UPZ , kita berharap tidak ada mahasiswa UIN SU yang tidak selesai kuliah. Dan saya berharap agar mahasiswa penerima bantuan UKT UPZ ini dapat menyelesaikan pendidikan secara tuntas dan tepat waktu hingga meraih gelar sarjana", kata Rektor. (YS Humas)