Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-08-18 | Waktu : 15:35:05
upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 73

Medan (UIN SU)

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 73. Bertindak selaku inspektur upacara, Rektor  UIN SU Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag. yang diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan dan ASN serta mahasiswa, yang berlangsung di halaman kampus I UIN SU Medan jalan IAIN nomor 1 Medan, Jum'at (17/08).

Dalam pidato Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI yang dibacakan langsung oleh Rektor UIN SU disampaikan, "hari ini, di seluruh pelosok negeri ini, seluruh elemen bangsa kembali diingatkan dengan semangat meraih kemerdekaan. Kini kita tidak dituntut untuk melakukan perjuangan secara fisik melawan penjajah. Namun, kita harus proaktif mengisi kemerdekaan itu dengan semangat bekerja dan berkarya", kata Rektor membacakan sambutan Dirjen Pendis.

Selain itu Rektor mengingatkan, kerja-kerja yang telah dilakukan adalah merupakan implementasi dari ungkapan rasa syukur atas telah diraihnya kemerdekaan bangsa ini. Jerih payah dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur demi meraih bangsa yang merdeka harus diteruskan dengan berlom-lomba mengukir prestasi.

Rektor juga menambahkan bahwa prestasi dalam bekerja dengan menunaikan amanah bangsa kepada seluruh lapisan masyarakat  adalah merupakan kewajiban bersama. Melayani, mendampingi, mengadvokasi dan memberikan perhatian serius kepada masyarakat dalam berbagai bentuk kegiatan adalah merupakan wujud konkret rasa syukur atas kemerdekaan ini.

Selanjutnya Rektor menyampaikan bahwa kerja-kerja yang telah dilakukan saat ini merupakan cerminan atas kualitas dan prestasi bangsa. "Jika kita mampu melakukan pekerjaan itu dengan baik, penuh inovasi, maka sungguh bangsa ini akan menjadi bangsa yang berprestasi", lanjut Rektor.

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut diisi dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh para mahasiswa PASKBRA UIN SU Medan. Selain itu upacara juga dirangkai dengan penyematan tanda kehormatan Styalancana Karya Satya dari Presiden RI kepada 29 orang PNS yang telah mendedikasikan baktinya pada UIN SU selama 10, 20 dan 30.

Kegiatan ini dilanjutkan pemberian bantuan pendidikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Unit Pengumpul Zakat (UPZ) UIN SU secara simbolis kepada 287 orang mahasiswa UIN SU. (YS Humas)