Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-08-30 | Waktu : 08:33:24
Pengabdian Masyarakat DWP UIN SU ke di desa binaan Siosar Kabupaten Karo

Medan (UIN SU) 

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan, merayakan Idul Adha 1439 H bersama masyarakat  di desa binaan Siosar Kabupaten Karo, Jum'at (24/08/18).

Mengusung tema "Qurban Berbagi DWP UIN SU menjalin Ukhuwah dan Kebersamaan",  Ketua DWP UIN SU, Dr. Chuzaimah Batubara, M.Ag. dan rombongan  juga berbagi qurban berupa 2 ekor sapi untuk didistribusikan kepada 200 kepala keluarga di desa Simacem, Suka Meriah dan Bekerah di Siosar Karo.

Anggota DWP UIN SU Yusra Dewi Siregar, M.Ag. mengatakan kegiatan  ini dilakukan untuk menguatkan persaudaraan dan menyentuh langsung kepada masyarakat di desa pengungsian gunung Sinabung.  Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban ini juga disambut antusias dan meriah oleh para masyarakat. " Kami bersyukur masyarakat di desa Siosar sangat antusias dan semangat dalam melaksanakan  pemotongan hewan qurban ini. Masyarakat  yang terdiri dari pemuka agama, pemuka masyarakat, aparat desa, ibu-ibu majelis taklim dan penduduk setempat saling bekerja sama, mulai dari penyembelihan hewan qurban hingga  membagikan daging kepada 200 kepala keluarga. Selain itu, kegiatan ini juga diisii dengan makan bersama daging qurban setelah diolah oleh masyarakat setempat. Benar-benar merasakan persaudaraan yang sangat hangat", papar Yusra

Ketua DWP UIN SU Dr. Chuzaimah juga menyampaikan bahwa momentum qurban  ini adalah saat yang tepat untuk saling berbagi kepada sesama. " Dengan berqurban kita tanamkan semangat rela berkorban, semangat rela berbagi dan peduli kepada sesama. Semoga apa yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat di desa Siosar dan meningkatkan ukhuwah dan kebersamaan , keikhlasan serta ketaqwaan kepada Allah swt", kata Dr. Chuzaimah.

Selain para pengurus DWP UIN SU,  ikut serta dalam kegiatan tersebut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada  Masyarakat (LP2M), Bapak Parluhutan, M.Ag. dan Ketua Pusat Studi Gender dan Anak, Dr. Nurasiah. Dalam kesempatan tersebut Ketua LP2M juga melakukan penjajakan dan upaya untuk menjadikan desa Siosar sebagai Desa Pemberdayaan UIN SU.

Sejalan dengan itu, Ketua DWP UIN SU, Dr. Chuzaimah berharap agar desa Sisosar sebagai desa Pemberdayaan UIN SU dapat segera terwujud. " Pemberdayaan masyarakat desa Siosar ini semoga segera terwujud. UIN SU melalui DWP UIN SU dan LP2M akan berupaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya melalui program-program kegiatan dan akan terus melakukan pendampingan sesuai dengan prioritas kebutuhan masyarakat desa", jelas Dr. Chuzaimah.(YS Humas)