Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-09-19 | Waktu : 09:21:28
LT3Q UINSU GELAR SEMINAR INTERNASIONAL MEMBANGUN KAMPUS QUR'ANI

 LajnahTahfidz ,Tahsin dan Tilawah Quran  Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (LT3Q UINSU) menggelar Seminar Internasional Membangun Kampus Qurani Melalui Tahfizh, Tahsin dan Tafsir Alquran pada hari Rabu tanggal 12 September 2018 di Aula UINSU  Medan. Seminar tersebut menghadirkan Syekh Abdurrahman Mu'nis Pemegang Sanad Tahsin ke-30 dari Mesir dan dibuka oleh Rektor UINSU sekaligus Keynote Speaker yang diwakili Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. H. Amroeni Dradjat, M.Ag.  Dalam sambutannya Rektor menyampaikan bahwa Seminar Internasional ini merupakan bagian terpenting menuju UINSU JUARA, dimana dengan digelarnya seminar ini menunjukkan UINSU  memprioritaskan upaya menghasilkan mahasiswa-mahasiswi yang Qurani dan alumnus dari Kampus Qur'anirum. Dengan seminar ini pula agenda produktif UINSU menuju akreditasi A akan menjadi warna kearifan jadi warna kearifan tersendiri dengan doa dari pencinta Alqur'an".

Sementara itu mewakili Pengarah LT3Q UINSU Dr .H. Arifinsyah,M.Ag mengatakan Lajnah Tahfidz , Tahsin dan Tilawah Quran merupakan Lembaga Produktif bersama Lembaga Pengembangan Tilawah Qur'an UINSU  dalam pembinaan mahasiswa untuk mahir  dan mampu membaca Alqur'an dengan Tahsin dan Hukum Tajwid sesuai visi dan misi Rektor Masyarakat Pembelajar sesuai dengan nilai-nilai Islam yang terimplementasi terhadap warga kampus atau civitas akademika UINSU terutama mahasiswa dalam menghadapi ujian akhir".

Dekan Fakultas Ushuluddin Dan Studi Islam (FUSI) UINSU diwakili Dekan III Drs. Maraimbang Daulay,MA  mengatakan Seminar ini merupakan bagian dari acara Studium Generale dengan kata lain,  FUSI UINSU  melalui slogan Jaya akan terus memacu mahasiswa untuk mampu membaca alquran dengan baik.

Sebagai Narasumber Syekh Abdurrahman Mu'nis dari Mesir banyaknya menyampaikan tips tips mudah menghafal dan memahami Tahsin alquran, diantaranya harus bersih hati dari segala kemaksiatan Dan memiliki pribadi yang rendah hati serta  senantiasa menegakkan kejujuran dalam kehidupan,mudah-mudahan UINSU menjadi Kampus yang Qur'ani. Syekh Abdurrahman Mu'nis juga mencontohkan tentang pembacaan Al-Qur'an dengan Tahsin yang diikuti ribuan peserta Seminar.

Selain  Studium Generale dan Seminar Internasional, juga dikukuhkan pengurus LT3Q oleh Rektor UINSU dan penampilan Training Of Trainer (TOT) Tahsin Qur'an dibawah bimbingan Ustadzah Fadhilah IS,LC,M.TH (Pemegang Sanad Tahsin ke 31), dilanjutkan dengan pengukuhan TOT UINSU angkatan pertama oleh Rektor UINSU didampingi Syekh Abdurrahman Mu'nis.