Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-09-27 | Waktu : 10:50:49
5 Dosen UIN SU Menjadi Panelis dan Chair ICIS Ke-18 di Palu

PALU, Sulawesi Tengah.

UIN Sumatera Utara Medan kembali mengukir prestasi dalam ajang Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-18 di Palu, Sulawesi Tengah dengan tampilnya 5 Dosen UIN SU sebagai Panelis dan Chair Selected Panels pada forum akademik yang sangat bergengsi bagi akademisi dunia.

5 Dosen UIN SU tersebut telah mempresentasikan karya ilmiahnya pada 19 September 2018 di IAIN Palu. Adapun mereka yang lulus Selected Panels terdiri dari 3 orang Panelis dan 2 orang Chair. Panelis atas nama   Dr. Sukiati, M.A. dengan judul "Strengthening Families Through Economic Empowerment : A Case Study in Percut Sei Tuan, North Sumatera", Dr. Fridiyanto, MA. dengan judul " The Battle of Student Ideologi at State Islamic Universities : Aktivism of Hizbut Tahrir Indonesia (Gema Pembebasan) and Student Resistence Element dan Surya Adi Syahfutra, M.Hum. dengan judul Cultural Sustainability in a Diasporic Community : a Comparative Study among Muslim Tamils in Indonesia and Malaysia. Dan Chair atas nama Dr. Mustafa Kamal Rokan, M.Ag. dengan judul "  Dalihan Na Tolu as Dispute Resolution in Religious Conflict in Nort Sumatera" dan Dr. M. Iqbal Irham, M.Ag, dengan judul " Al-Qalb Hudhur Application : Sufism Psychotherapy for People with Mental Health Problem in the Fourth Industrial Revolution (Industry 4,0) Era". 

Bentuk Selected Panel adalah pengajuan makalah dilakukan dengan grouping issue (pengelompokan isu) untuk tujuan  pendalaman isu dan perluasan pembahasan. Peserta yang mengajukan makalah melakukan kontak jaringan keilmuan dan komunikasi dengan 5 atau 6 orang sarjana yang memiliki makalah atau membahas topik yang berdekatan. Yang bergerak terlebih dahulu untuk mencari group ini akan menjadi chair dari group tersebut. Chair berperan untuk mengumpul paper dan memilih paper yang akan dipresentasikan groupnya. Dan UIN SU telah sejak awal mendukung serta berpartisipasi langsung dalam perhelatan AICIS termasuk partisipasi  dalam kompetisi makalah dan perjumpaan keilmuan dan intelektualitas di konferensi tersebut. 

Sejumlah dosen UIN SU, diantaranya Dr. Chuzaimah dan Dr. Nurasiah, sebelumnya juga pernah berpartisipasi aktif dalam konferensi ini. Bahkan Dr, Nurasiah telah berhasil 3 kali lulus sebagai presenter AICIS yaitu pada tahun 2014 di Samarinda, Kalimatan Timur tahun 2015 di Manado, Sulawesi Utara dan tahun 2017 di Serpong, Tangerang Banten

Rektor UIN SU Medan, Prof. Dr. Saidurrahman, M.Ag, mengapresiasi prestasi 5 dosen tersebut. " Selamat dan sukses kepada para dosen UIN SU yang telah mempresentasikan karya ilmiahnya pada konferensi AICIS ke-18 di Palu.  Perkembangan menarik dan menggembirakan  bahwa kualitas AICIS benar-benar sudah mendunia. Sejumlah sarjana tingkat dunia di bidangnya masing-masing dalam berbagai disiplin studi keislaman telah pernah hadir dalam konferensi ini dan UIN SU telah mengambil bagian di dalamnya. Saya berharap semoga di tahun depan akan lebih banyak lagi dosen-dosen UIN SU yang menjadi panelis di ajang berkelas ini", kata Rektor. (YS Humas)