Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-10-08 | Waktu : 20:34:52
9 Mahasiswa FKM UIN SU Torehkan Prestasi di Tingkat Nasional dan Internasional

Memproleh prestasi merupakan hal yang paling di impikan oleh setiap mahasiswa, dan kali ini prestasi datang dari para mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan yang telah berhasil menorehkan prestasi hingga kanca internasional melalui Unit Kegitan Mahasiswa dengan nama HERSA. HERSA sendiri merupakan singkatan dari Health Research Student Associaton yaitu organisasi yang didirikan di FKM UINSU belum lama ini tepatnya pada tanggal 23 Juni 2018. Hersa adalah organisasi yang bergerak pada bidang kepenulisan dan riset, dan dibentuk atas dasar meningkatkan kreatifitas mahasiswanya melalui tulisan seperti jurnal, Karya tulis ilmiah, bahkan ilmu dalam  berorganisasi seperti kerjasama dan kegiatan sosial, dengan harapan Hersa dapat memberikan banyak manfaat. Dengan melewati serangkaian proses dan persiapan serta kerja keras, walaupun di usianya yang terbilang muda Hersa berhasil mengantarkan anggotanya menorehkan prestasi di kanca nasional dan internasional.

5 Mahasiswa FKM UINSU berhasil Mendapatkan beasiswa Konferensi Internasional Peneliti Muda ke Universitas Teknologi Malaysia dan The National University of Singapore

Melalui penelitian mereka dibantu dengan Pembina HERSA sekaligus Dosen FKM UINSU, sebanyak lima orang yang terbagi dalam dua tim, berhasil mendapatkan beasiswa sebagai peneliti muda di International conference ke Universitas Teknologi Malaysia dan The National University of  Singapore. Beasiswa ini terbatas disediakan bagi 5 peneliti muda internasional yang memiliki jurnal penelitian terbaik. Mereka akan diberikan pendaftaran konferensi internasional serta publikasi jurnal terindeks internasional secara gratis.

Mahasiswa tersebut adalah M.Ryan Rahmat Tanjung dengan teman satu timnya Samsul Ashkori yang merupakaan tim pertama, mereka adalah mahasiswa dari Fakultas  Kesehatan masyarakat semester lima Universitas Islam Negeri Sumatera Utara berhasil mendapatkan beasiswa international conference di Universitas Teknologi Malaysia melalui karya jurnal mereka dengan judul “The Changes In Eating Habit After Nutritional Education in Pregnant Anemia Mother” dan akan berangkat pada tanggal 13-14 Oktober 2018 mendatang.

Kemudian Mahasiswa selanjutnya dari tim yang kedua yaitu Adhelia ananda G Damanik, Dinda Asa Ayukhaliza, dan Syafina Aisyah, ketiganya merupakan mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat  semester lima universitas islam negeri sumatera utara medan  yang berhasil mendapatkan beasiswa international conference di The National University of Singapore melalui karya tulis mereka dengan judul “Dermatitis in the Coastal Area: Sistematic Review” , dan akan berangkat pada tanggal 17-18 November 2018.

Ungkapan yang pernah dinyatakan dalam wawancara bersama Pendiri sekaligus Pembina Hersa Ibu Zata Ismah SKM M.KM, beliau menyatakan dalam Al-Qur’an surah An-najm : 39 “Bahwa manusia hanya memproleh apa yang telah diusahakannya saja.” Ayat tersebut menjadi motivasi bagi beliau untuk mendidik para mahasiswanya agar tekun, bekerja keras, berapi-api bersemangat serta selalu minta Ridho petunjuk Allah SWT agar diaminkan terhadap segala hal yang diusahakan. Hal tersebutlah yang membuat mahasiswanya bisa mencapai prestasi tersebut. Jika mahasiswanya bermental pemenang lalu berusaha layaknya juara, maka mahasiswanya akan mendapatkan apa yang menjadi usahanya.

Adapun menurut Ryan, kesan yang diperolehnya selama pembuatan jurnal adalah penuh suka dan duka mulai mencari jurnal referensi terdahulu, menganalisis data serta menghadapi diri sendiri yang baru mulai dalam hal penulisan. “pertama saya pesimis dengan hal yang saya kerjakan akan tetapi kami tetap berusaha dan tetap memberikan yang terbaik sehingga kami dapat sejauh ini. Pesan saya berusaha terus sampai batas kemampuan dirimu kau tunjukkan.”

            Ananda pun menambahkan “menulis awalnya suatu hal sulit. Saya berfikir itu hal mustahil, ternyata setelah saya jalani ini indah. Menulis bagai menanam pohon, sulitnya kita merawat dan memeliharanya akan terbayar dengan hasil yang baik. Tulisan ini yang membawa saya terbang.” Hal ini juga disepakati oleh rekannya Syafina “dulu menulis adalah suatu hal yang paling membosankan bagi saya. Tapi dengan adanya dorongan dan peluang yang besar saya mencoba untuk menulis lebih giat lagi dan alhasil semua usaha, do’a dan kemauan tidak ada yang sia-sia. Saya sangat bersyukur atas apa yang saya dapati sekarang, dengan bergabng bersama tim riset HERSA saya tidak menyangka dengan apa yang saya dapati sekarang ini, yang pastinya ilmu yang sangat bermanfaat.

(Medan, 03/10/2018)

 

3 Mahasiswa FKM UINSU berhasil Masuk Finalis 5 Besar LKTI Nasional FKM UNAND

3 Mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan telah berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional melalui kegiatan LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) yang diadakan oleh BEM FKM Universitas Andalas Padang. Dengan melewati serangkaian proses seleksi, mulai tahap penyisihan yang mampu menyingkirkan 85 tim dari Universitas Se-indonesia. Ketiga mahasiswa ini tergabung juga dalam organisasi HERSA FKM UINSU.

Mahasiswa tersebut adalah Reinpal Falefi sebagai ketua tim, Ade Rahma Sari Nasution sebagai Anggota 1, dan Dyah Retno Wulandari sebagai Anggota 2, mereka adalah mahasiswa dari Fakultas  Kesehatan masyarakat semester V Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang didampingi oleh seorang dosen pembimbing yang bernama Zata Ismah, SKM, MKM berhasil lolos ke Tahap Final LKTI VII FKM UNAND melalui karya tulis ilmiah mereka dengan judul APLIKASI KALKULATOR STATUS GIZI ANAK USIA 6-12 TAHUN SEBAGAI SOLUSI DETEKSI DINI STATUS GIZI SERTA PENDUKUNG SKD-KLB GIZI BURUK dan akan berangkat pada tanggal 26-29 Oktober 2018 mendatang untuk memperebutkan 3 besar dengan saingan dari tim dari utusan UNAND, ITS, UNIBRAW, dan Universitas Negeri Malang.