Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-11-28 | Waktu : 16:26:14
Perpustakaan UIN SU Selenggarakan Library Festival

Medan, (UIN SU)

Perpustakaan UIN SU bekerjasama dengan Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial UIN SU Medan menyelenggarakan Library Festival dengan tema Resolusi Perpustakaan di Era Disrupsi  yang dihadiri oleh Ketua Assosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Sumatera Utara (AAPTIS) Dr. Labibah Zain, MLIS. (27/11).

Dalam sambutannya Rektor UIN SU, Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag. melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan  UIN SU, Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd.  menyampaikan  bahwa kegiatan ini sangat strategis dalam  mengevaluasi berbagai program layanan-layanan perpustakaan yang  dilakukan untuk mendukung kegiatan akademik dan pengembangan ilmu pengetahuan di PTKIN khususnya di UIN SU Medan. "Kegiatan ini diharapkan memberikan nilai tambah bagi kita untuk memastikan bahwa kehadiran perpustakaan dan adaptasi perpustakaan terhadap perkembangan teknologi informasi adalah merupakan keniscayaan, tidak hanya bagi pimpinan perpustakaan tetapi juga pengguna perubahan perpustakaan di kampus terutama menerima informasi-informasi baru, baik dalam bidang ilmu pengetahuan, kesenian maupun pengetahuan agama Islam sebagai bagian dari pilar kebudayaan manusia dalam membangun Indonesia yang lebih berjaya dalam lingkup NKRI", papar Prof. Syafaruddin.

Ia juga menyampaikan  bahwa pertemuan ini dapat menggairahkan semangat atau cinta kepada buku yang saat ini  perkembangannya sangat luar biasa, bersamaan dengan kehadiran perpustakaan digital yang tidak terlepas dari manajemen perpustakaan pada masing masing PTKIN.

Selanjutnya kegiatan ini diharapkan juga sebagai pemenuhan standarisasi Perguruan Tinggi Indonesia, dan pemenuhan sarana prasarana salah satunya adalah menyiapkan fasilitas perpustakaan yang modern, yang mengikuti perkembangan zaman. "Kesempatan ini adalah kesempatan sharing  bagi pimpinan Perpustakaan PTKIN sehingga dalam perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi perpustakaan maka diharapkan kita mampu mengembangkan aplikasi-aplikasi baru yang memudahkan pelayanan dalam peningkatan minat baca, sebagaimana perintah pertama Allah kepada rasul  dan manuasia yaitu perintah iqra', aplikasinya tidak hanya membaca hal-hal yang tertulis tetapi membaca yang tidak tertulis dan dapat menuliskannya dengan baik, yaitu melalui penelitian-penelitian terhadap fenomena alam, sosial, maupun kajian-kajian yang berkaitan  dan teknologi,” ujarnya.

Ketua Assosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Sumatera Utara (AAPTIS) Dr. Labibah Zain, MLIS dalam sambutannya menyampaikan “Selamat kepada Perpustakaan UIN SU yang telah menyelenggarakan rangkain Library Festival yang sangat meriah baik dari segi konten maupun kegiatannya, dengan mengadakan seminar, pameran literasi dan pemilihan duta baca, ini merupakan usaha dari perpustakaan untuk lebih berinteraksi dengan pemustakanya dalam hal ini adalah civitas akademika.