Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-12-14 | Waktu : 15:33:58
UINSU APRESIASI AKADEMIK KARYA DOSEN PRODUKTIF

Medan (UINSU)
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar rangkaian kegiatan apresiasi akademik bagi dosen produktif dan kreatif serta book fair (pameran buku) di Kampus II UINSU Jalan Willem Iskander Medan pada 10-15 Desember 2018. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan penghargaan terhadap kinerja dosen atas hasil penelitian dan karya tulis ilmiah serta menaikkan budaya baca masyarakat.

Demikian dijelaskan Rektor UINSU, Prof Dr Saidurrahman, MAg melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembangaan, Prof Dr Syafaruddin, MPd di ruang kerjanya, Selasa (11/12) kepada Analisa. "Program tahunan ini merupakan bentuk apresiasi akademis kepada para dosen atau tenaga pendidikan yang mempunyai karya dan gagasan yang dituangkan dalam karya tulis, buku, jurnal dan lainnya. Hal ini merupakan agenda peningkatan kualitas melalui event ini yang juga disemarakkah dengan book fair," ujarnya.

Selain apresiasi terhadap karya dosen yang produktif dan kreatif dalam menciptakan serta menemukan hasil penelitian yang bernas yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, kegiatan ini diramaikan dengan bedah buku terkait temuan riset, diseminasi gagasan dan konsep, peluncuran buku dan lainnya yang melibatkan para pemangku kepentingan di UINSU. Pameran buku yang digelar juga bekerja sama dengan sekitar 23 grup penerbit buku yang setiap grup terdiri dari sejumlah penerbit.

Prof Syafaruddin menyampaikan, agar publik juga bisa memanfaatkan program ini dengan menerapkan hasil penelitian, gagasan dan lainnya yang dituangkan dalam karya tulis untuk mempermuhan kehidupan. "Selain itu, kegiatan ini merupakan aspek penilaian untuk upaya peningkatan akreditasi kampus. Kita berharap, pada 2020 atau 2021 UINSU, dengan meningkatnya fasilitas dan sarana prasarana dapat meraih akreditasi A," lanjutnya.

"Dengan book air yang menyajikan banyak jenis buku ini dapat meningkatkan kecintaan terhadap buku sebagai jendela pengetahuan. Hal itu tentu akan mempengaruhi iklim dan atmosfer serta budaya akademik di kalangan mahasiswa, dosen dan pegawai UINSU. Menuju masyarakat dan peradaban yang terliterasi bahkan di era informasi digital saat ini," tambahnya.

Book fair kali ini dikordinir IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) Sumut yang juga bekerja sama demi terselenggaranya kegiatan ini. "Kita ingin menumbuhkan minat terhadap dunia dan kegiatan akademik yang output atau hasilnya adalah terbitnya buku-buku karya dosen, jurnal penelitian yang banyak dan terpublikasi. Hal apresiasi akademik merupakan stimulus untuk memunculkan karya dosen yang bisa dimanfaatkan tidak hanya warga kampus tapi masyarakat luas," jelas ketua panitia Asrul, MSi.

Ia menambahkan, konsep diseminasi konsep dan gagasan yang dihasilkan di perguruan tinggi perlu dikembangkan dan disebarluaskan ke masyarakat Indonesia. Diharapkan semakin banyak karya yang dipublikasi dan diekspos secara luas. Mahasiswa juga dilibatkan pada kegiatan ini. Seperti seminar ilmiah, peluncuran dan bedah buku, diskusi ilmiah dan lain sebagainya yang dinilai dapat meningkatkan nilai wawasan mahasiswa. Giat ini tidak hanya melibatkan civitas UINSU, tapi juga dari berbagai pihak lain seperti kampus lain, praktisi, penulis muda dan sebagainya.

Sedikitnya ada 10 buku baru yang ditampilkan sebagai karya dosen UINSU dan ada sekitar 200 hasil penelitian, namun tidak semua ditampilkan karena berbagai keterbatasan. Dengan program ini, mahasiswa terbantu untuk mendapatkan buku refrensi yang terkait dengan perkuliahanya bahkan dengan potongan harga. Sudah diterapkan bertahun-tahun, transpormasi ilmu dari dosen ke mahasiswa sudah tidak lagi melalui diktat tapi melalui buku yang dihasilkan para dosen.

"Kita berharap melalui program ini bisa lebih menggairahkan perbukuan, minat baca dan budaya literasi di tengah masyarakat dan civitas Sumut khususnya. Goalnya adalah semakin terliterasi, akan ada peningkatan kualitas SDM. Apresiasi akademik tidak hanya soal material tapi juga perlu dikemas dalam kegiatan semacam ini. Rektor juga mendukung sekali program ini sehingga dosen dipacu untuk menghasilkan karya akademik," tandasnya didampingi Kasubbag Humas dan Informasi UINSU Yunni Salma, MM.

Semakin meriah, kegiatan yang digelar seminggu ini juga meyajikan sejumlah stand bazar kuliner dan puluhan stand buku. Turut hadir dalam pembukaan Ketua Ikapi Sumut Ir Doni Irfan Alfian, pimpinan UINSU dan pimpinan fakultas serta seluruh civitas kampus. (Humas)