Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2019-04-27 | Waktu : 13:57:06
UIN SU WISUDA 527 LULUSAN MILENIAL MUSLIM CENDIKIA HARUS MENGISI PERADABAN

Medan, (UIN SU)
Univeritas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) melantik 527 lulusan dalam  acara wisuda ke-70 UIN SU di Gedung KH. M. Arsyad Thalib Lubis Kampus I di Jalan IAIN No. 1 Medan, Selasa (23/4). Diharapkan kepada lulusan agar menjadi abdi masyarakat yang milenial dan tetap menjaga nilai-nilai keislaman.

Alhamdulillah, kita telah mewisuda sebanyak 527 lulusan. Semoga para wisudawan nantinya dapat menjadi lulusan yang terbaik di masyarakat,” kata Rektor UIN SU Prof. Dr. KH. Saidurrahman MAg dalam sambutannya pada acara tersebut di gedung yang juga disebut Gelanggang Mahasiswa itu.

Rektor menuturkan, saat ini kita berada di era milenial, karena itu dia menyampaikan gagasan bahwa wisudawan kampus Islam ini merupakan generasi baru milenial muslim. Artinya mampu menjadi generasi muda yang cerdas namun juga terus menebarkan nilai luhur dari Islam di dunia.

Untuk itu, rektor berharap wisudawan dapat mengikuti setiap perkembangan dan perubahan yang terjadi terutama di era revolusi industri 4.0. Menurutnya, generasi milenial muslim tidak hanya dituntut untuk mampu beradaptasi. “Generasi muslim juga harus bijak mengendalikan arus yang sangat deras dan kadang membuat tergelincir dan hanyut di arah yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Untuk itu rektor meminta wisudawan harus terus memiliki pondasi keimanan dan orientasi hidup yang lurus. Rektor menyebutkan, dalam sejarahnya hingga saat ini, UIN SU telah meluluskan 45.890 alumni yang telah berkiprah di tengah masyarakat di berbagai bidang profesi di Indonesia dan di dunia.

Pada wisuda sarjana ke-70 ini, UIN SU meluluskan 527 dari 5 fakultas dan program pascasarjana. Lulusan itu terdiri dari 17 orang dari FDK, 91 orang dari FSH, 173 orang dari FITK, 173 orang dari FITK, 37 orang dari FUSI, 104 orang dari FEBI, 68 Orang dari program S2 atau magister dan 37 orang program S3 atau doktoral dari program pascasarjana.

Dalam kesempatan itu, rektor juga memaparkan sejumlah prestasi UIN SU yang diraih melalui para mahasiswa cemerlang dan para dosen dengan berbagai penelitian. Selain itu, yang menjadi nilai penting adalah kampus Islam ini terus mengembangkan berbagai sumber daya dalam memacu kualitas perkuliahan. Salah satunyanya dengan memanfaatkan lembaga UPZ (Unit Pengumpul Zakat). Yaitu lembaga yang bertugas mengelola dana zakat seluruh dosen dan pegawai kampus dengan memotong 2,5 persen dari pendapatan. Program ini membantu hampir 1.000 mahasiswa kurang mampu terkait pembiayaan.

"Tidak boleh ada mahasiswa UIN SU yang drop out karena kekurangan biaya. Sampai saat ini kita berhasil menyalurkan sekitar Rp1,3 milyar untuk membantu 900 mahasiswa kurang mampu. Terima kasih pula disampaikan kepada beberapa pemda yang memberikan beasiswa daerah bagi mahasiswa," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu pula, ia menyampaikan berbagai rencana pembangunan fasilitas kampus untuk menunjang kualitas perkuliahan yang disajikan dalam sekitar 40 prodi. Turut hadir dalam wisuda tersebut unsur pimpinan Forkopimda Sumut seperti pimpinan Pemprovsu, perwakilan Kodam I/BB, Kapolda, MUI Sumut, anggota senar universitas, para pimpinan kampus dan fakultas beserta para keluarga ratusan wisudawan dari berbagai daerah. (humas)