Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2019-04-27 | Waktu : 14:57:29
AUDISI SYIAR ANAK NEGERI UIN SU, MAN DELI SERDANG DAN PALEMBANG WAKILI SUMATERA

Medan, (UIN SU)
Audisi program kompetisi nasyid nasional, Syiar Anak Negeri kerja sama Kementerian Agama RI dengan Metro TV untuk wilayah Sumatera digelar di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) kampus I Jalan IAIN Nomor 1Kecamatan Medan Timur, Kamis (25/4). 10 grup nasyid di berbagai provinsi Sumatera ikut bertanding, dua di diantaranya akan mengikuti sesi selanjutnya di Jakarta. 

Program Syiar Anak Negeri ini merupakan program kerja sama yang rutin digelar tiap tahun. Gagasannya adalah menebarkan semangat dakwah Islam melalui nuansa seni dalam irama dan syair nasyid. Awalnya, ratusan grup mengikuti seleksi awal, hingga pada tahap ini, 60 grup nasyid berhasil lolos mengikuti seleksi berikutnya. 10 di antaranya mengikuti seleksi tahap lanjut yang digelar di UIN SU sebagai pelaksana.

Perwakilan panitia, Dr. Hasan Sazali dalam sambutannya menyampaikan, 10 grup nasyid yang berasal dari Sumatera ini akan disaring dan dipilih dua grup yang akan mewakili Sumatera di tahap selanjutnya. "Audisi ini mengambil dua grup nasyid yang menjadi perwakilan Sumatera pada tahap selanjutnya. Sesi tersebut nanti akan disiarkan di televisi nasional," ujarnya.

Ia menilai, Sumatera mempunyai potensi besar dalam bidang nasyid. Diharapkan perwakilan Sumatera nanti mampu keluar menjadi pemenang pada ajang bergengsi ini "Dalam tradisi nasyid nasional, Sumatera punya citra bagus di nasional. Nasyid asal Sumatera cukup disegani di kancah nasional," lanjutnya. 

Ia menyampaikan, pelaksanaan audisi di kampus Islam ini juga diramaikan oleh para mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UIN SU sebagai event organizer.

Wakil Rektor UIN SU Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof Dr Amroeni Drajat, MAg didampingi Kepala sub bagian Humas UIN SU, Yunni Salma, MM menyampaikan rasa bangga bisa menjadi bagian dalam program ini. Diharapkan para peserta bisa memberikan usaha terbaik dan tetap mengembangkan dakwah dalam semangat nasyid. "Selamat datang dan selamat audisi kepada para peserta. Kami merasa bangga bisa menjadi bagian pada event bergengsi ini," ucapnya.

"Silahkan tampilkan bakat terbaik. Semoga bagi para pemenang yang mewakili Sumatera bisa memberikan hasil terbaik. Sementara bagi yang belum beruntung bisa tetap semangat dalam menyuarakan dakwah dalam senandung dan syair nasyid,"  katanya sembari membuka kegiatan.

Diketahui, audisi digelar di UIN SU ini menseleksi 10 grup nasyid yang berasal dari beberapa kabupaten kota di Sumatera. Adapun 10 grup tersebut yaitu grup nasyid Five Eagles dari MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan, Khazanah dari MAN 1 Palembang, Syahda dari MAN Insan Cendekia Siak, Manser Voice dari MAN Serdang Bedagai dan Batobo Voice dan MAN 1 Kuansing.

Lalu grup nasyid Mandudes Green dari MAN 2 Deliserdang, Fattah As Shaut dari MAN Gunungsitoli, The Jasmine dari MAN Gunungsitoli, Jeumala Voice dari MAS Jeumala Amal dan terakhir yaitu grup nasyid Zimra dari MAN 1 Banda Aceh. “10 grup nasyid ini nantinya akan mengikuti audisi program Syiar Anak Negeri di UIN SU,” jelas Yunni.

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan audisi di aula Gedung Haji Anif di lingkungan kampus tersebut. Dari 10 grup, didapat juara pertama yaitu grup nasyid Khazanah dari MAN 1 Palembang dan posisi dua yaitu Mandudes Green dari MAN 2 Deliserdang. Kedua grup nantinya mewakili Sumatera di ajang Syiar Anak Negeri di tingkat Nasional  bersama para juara dari 10 grup lain yang telah diaudisi di lima kota lain di Indonesia. (humas)