Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2019-06-29 | Waktu : 15:58:13
Dharma Wanita Persatuan UIN SU Gelar Halal bi Halal

Medan, (UIN SU)

Dharma Wanita Persatuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (DWP UIN SU) menggelar halal bi halal Idulfitri 1440 H sekaligus penyerahan hadiah perlombaan desain grafis dengan tema Hari Ibu di ruang sidang Gedung Biro Rektor Kampus II UIN SU Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Selasa (25/6).

 

Turut hadir dalam pertemuan itu Rektor UIN SU Prof. Dr. KH Saidurrahman, M.Ag, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd, Kepala Biro AUPK Dr. H. Tohar Bayoangin, M.Ag, guru besar UIN SU selaku pengisi tausiah Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, MA serta seluruh anggota DWP UIN SU dan perwakilan mahasiswa.

Ketua DWP UIN SU, Dr. Hj. Chuzaimah Batubara Saidurrahman dalam sambutannya menyampaikan, halal bi halal ini merupakan agenda tahunan sebagai momentum untuk menguatkan silaturahmi sesama anggota dalam rangka memajukan kampus. Kali ini, halal bi halal disanding dalam kegiatan rutin bulanan yang biasa digelar dalam muatan silaturahmi dan kajian keislaman. Juga dirangkai dengan penyerahan hadiah dari lomba desain grafis bertema hari ibu yang digelar tahun lalu.

Terkait lomba itu, diharapkan bisa sebagai motivasi untuk meningkatkan kemampuan. "Kita memilih desain terbaik dari sekitar 50 peserta. Semoga bisa memberikan motivasi agar mahasiswa terus meningkatkan kapasitas dan kompetensinnya di masa mendatang khususnya di desain grafis yang sesuai bidang dan jurusan pendidikan masing masing," ujarnya.

Ia menjelaskan, fungsi DWP sebagai wadah pembinaan dan silaturahmi para istri pegawai negeri di UIN SU yang bersinergi demi kemajuan kampus. Juga meningkatkan pendidikan dan kreatifitas para anggota di masyarakat. "Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dan agenda-agenda DWP lainnya bisa memberikan kontribusi dan memberi makna bagi UIN SU," lanjutnya.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran film sejarah perjalanan DWP UIN SU yang terus bergiat menjadi bagian dalam pendidikan tinggi Islam dan spirit memajukan UIN SU. Salah satu kampanye yang dilakukan yaitu pendidikan anti korupsi yang terus digalakkan di setiap kegiatan diharapkan berdampak kepada setiap keluarga dalam membentuk mental anti korupsi.

Pada lomba desain diambil tiga pemenang. Yaitu atas nama Zulham Arifin mahasiswa jurusan ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bsnis Islam (FEBI) sebagai juara pertama. Lalu Widya Ika Pratiwi jurusan PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebagai juara kedua dan Muhammad Agung Aditya mahasiswa prodi ilmu komputer Fakultas Saintek sebagai juara ketiga.

Rektor UIN SU, Prof. Dr. Saidurrahman, M. Ag. menyampaikan dalam sambutannya, melalui halal bi halal setelah usai melaksanakan berbagai ibadah di bulan Ramadan diharapkan bisa mendorong kinerja akademis menuju kampus yang lebih berkualitas. Ia berpesan, melalui ibadah Ramadan dan momentum halal bi halal ini dijadikan sebagai pemacu agar terus meningkatkan kerja-kerja akademis. "Semoga melalui ibadah Ramadan dan semangat Syawal ini dapat bersama melakukan kerja kerja akademis. Alhamdulillah yang kita lakukan memberi manfaat terutama dalam memajukan UIN SU lebih juara," ujarnya.

Rektor menjelaskan, di sisa masa kepemimpinannya agar mengoptimalkan dan memaksimalkan pencapaikan untuk pengembangan kampus. "Semoga kita semua menjadi orang-orang yang lebih kuat spritualnya, lebih semangat dan lebih sukses ke depan serta kita selamat di dunia dan akhirat. Mudah-mudahan kita semua menjadi dan tergolong orang-orang yang beruntung," harapnya.

Selain itu, Rektor selaku Pembina DWP UIN SU menyampaikan apresiasi kepada DWP UIN SU yang telah sukses menggelar lomba desain poster Cinta Ibu. " Saya mengharapkan DWP UIN SU untuk lebih meningkatkan peran sosialnya. Ini menunjukkan secara tidak langsung DWP UIN SU mempunyai peran penting dalam pembinaan bakat mahasiswa", jelasnya.

Guru besar Prof. Dr. Syahrin Harahap dalam tausiahnya menyampaikan, pentingnya mengikuti dan memanfaatkan majelis ilmu. Karena majelis ilmu itu sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW merupakan taman-taman surga. Apabila lewat di taman surga maka petiklah yang banyak di taman itu. Artinya ketika dalam majelis ilmu maka ambilkan pelajaran dan wawasan serta pengetahuan sebanyak-banyaknya.

Konsep itu dia jelaskan terkait era revolusi industri 4.0 atau revolusi digital yang harus mampu dihadapi setiap orang khususnya insan akademis. Sehingga tantangan dan tekanan di zaman ini bisa dihadapi dengan peran-peran insan akademis yang nasionalis dan islami seperti anggota di DWP UIN SU. "Ibu-ibu juga harus mengambil peran dalam perkembangan zaman di era digital 4.0 sekarang ini," tandasnya.

Selain itu Prof. Syahrin juga memberi apresiasi yang tinggi atas kinerja DWP UIN SU yang sukses menyelenggarakan lomba desain poster dengan tema Cinta Ibu bagi mahasiswa UIN SU. " Ibu adalah roh dari kehidupan, dan perempuan atau ibu memiliki peran penting bagi seluruh aktifitas kaum laki-laki atau suami. Karena itu kita mengharapkan hendaknya setiap anak menempatkan Ibunya sebagai hal yang paling utama dalam kehidupan bahkan dalam setiap do'a-do'anya", harapnya. (humas)