Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2019-08-15 | Waktu : 09:14:54
PENGUMUMAN HASIL KELULUSAN DAN DAFTAR ULANG UM MANDIRI 2019

PENGUMUMAN HASIL KELULUSAN UM MANDIRI 2019

Nomor : B-034/Un.11.WR.1/B.5b/PP.00.9/08/2019

 

Diumumkan kepada Peserta Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri bahwasanya:

  1. Hasil kelulusan bisa dilihat pada laman web http://pmb.uinsu.ac.id   pada tanggal 15 Agustus 2019 Jam: 00.00 WIB kemudian klik detail pada bagian Pengumumaseperti pada gambar di bawah ini :

  1. Masukkan Nomor Tes Peserta Ujian dan klik tombol Tampilkan untuk mengetahui hasil kelulusan seperti pada gambar di bawah ini :

  1. Jadwal dan Tahapan Kegiatan Pendaftaran Ulang Calon Mahasiswa baru yang lulus sebagai berikut:

 

I. PENGISIAN PORTOFOLIO UKT (UangKuliah Tunggal)

NO TANGGAL TAHAPAN KEGIATAN TEMPAT
1

15 s.d. 18 Agustus 2019

1.  Mahasiswa yang lulus mengakses laman http://maba.uinsu.ac.id untuk proses UKT  dengan  login menggunakan  user  name:  Nomor  Tes  dan  Password: Tanggal Lahir (dd-mm-yyyy).

2.  Sebelum mengisi Portofolio calon mahasiswa wajib membaca Informasi UKT :

  1. Keputusan Rektor UIN Sumatera  Utara  Medan  Nomor  70  Tahun  2019 tentang Besaran UKT UIN Sumatera Utara Medan Tahun 2019-2020 dan Keputusan Menteri Agama, KMA Nomor 151 Tahun 2019 tentang UKT pada PerguruanTinggi Keagamaan Negeri TA. 2019-2020.
  2. Keputusan Rektor Nomor 67 Tahun 2019 tentang Syarat dan Mekanisme Pengajuan Uang Kuliah Tunggal (UKT), Ketentuan Khusus dan Sanksi Uang Kuliah Tunggal (UKT) Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana UIN Sumatera Utara Medan TahunAkademik 2019-2020.

3.  Mengisi Portofolio UangKuliah Tunggal/UKT (Data Diri, Data Orang Tua, Data Sekolah, dll)

4.  Calon Mahasiswa memilih Proses Penentuan UKT:

a.Pilihan A

  1. Calon  Mahasiswa  tidak  perlu  mengisi  formulir  UKT  dan  tidak  perlu mengunggah data dukung UKT.
  2. Mengunduh Surat Pernyataan Kesediaan Membayar UKT Kelompok 7
  3. Mengunggah Surat Pernyataan Kesediaan Membayar UKT Kelompok 7 yang telah diberi meterai 6000 dan ditandatangani orang tua/wali (format jpg atau pdf)

b.Pilihan B

  1. Calon Mahasiswa mengisi formulir UKT secara daring
  2. Mengunggah data pendukung UKT (format jpg atau pdf)

Data Pendukung yang harus diupload adalah sebagai berikut:

  • Slip Gaji Kedua Orang Tua atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW yang diketahui oleh Lurah/Kepala Desa Setempat.
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat  Keterangan  Tidak  Mampu/Kartu  Menuju  Sejahtera/  Kartu Program Keluarga Harapan (jika ada)
  • Foto  Rumah  tempat  tinggal  calon  mahasiswa  Tampak  Luar  dan Dalam
  • Bukti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan
  • Bukti Pembayaran Rekening Listrik, atau pembelian token listrik
  • STNK Kendaraan (jika ada)

3.  Calon   Mahasiswa   mencetak formulir   yang   telah   diisi  kemudian ditandatangani di atas materai 6000.

4.  Menunggu pengumuman Hasil Kelompok UKT TAHAP 1 pada tanggal yang sudah ditentukan.

c.Pilihan C

  1. Calon Mahasiswa telah terdaftar sebagai mahasiswa melalui pembiayaan pihak kerjasama dengan UIN Sumatera Utara Medan

Laman : http://maba.uinsu.ac.id

2

19 Agustus 2019

Pengumuman Besaran UKT TAHAP 1

Login kembali di laman aplikasi UKT dan lihat pengumuman kelompok UKT, jika setuju lakukan pembayaran UKT pada tanggal yang sudah ditentukan dengan menggunakan Nomor Test pada Bank mitra UIN Sumatera Utara Medan
Laman : http://maba.uinsu.ac.id
3

20-21 Agustus 2019

Pengajuan Klarifikasi/Banding UKT

1) Klarifikasi/Banding UKT hanya dapat dilakukan bagi calon mahasiswa yang mengikuti Proses UKT Pilihan B dan diumumkan berada pada kelompok UKT 4,5 dan 6 karena kesalahan pengisian portofolio di aplikasi.

2) Calon mahasiswa mengajukan Klarifikasi/Banding secara daring dengan login kembali ke http://maba.uinsu.ac.id dan mengisi formulir banding.
Laman : http://maba.uinsu.ac.id
4

22-23 Agustus 2019

Verifikasi Banding UKT

  1. Calon mahasiswa harus datang bersama dengan orang tua/wali ketempat yang sudah ditetapkan.
  2. Calon mahasiswa dan Orang tua/wali datang langsung dengan membawa dokumependukung UKT (asli) serta dokumen pendukung tambahan jika diperlukan serta 1 Lembar materai 6000.
  3. Calon mahasiswa dan Orang tua/wali pada saat klarifikasi harus menandatangani Berita Acara Klarifikasi Dokumen UKT.
  4. Calon mahasiswa mengakses   Pengumuman Besaran UKT   TAHAP 2 pada tanggal yang ditentukan.

AULA UINSU

Pukul : 09.00 s.d15.00 WIB

5

28 Agustus 2019

Pengumuman Besaran UKT TAHAP 2

Hasil banding UKT akan diumumkan kembali di laman aplikasi UKT, dan Jika setuju lakukan pembayaran UKT pada tangggal yang sudah ditentukan dengan menggunakan Nomor Test pada Bank mitra UIN Sumatera Utara Medan.
Laman : http://maba.uinsu.ac.id
6

28-30 Agustus 2019

Melakukan Pembayaran UKT pada salah satu bank mitra UIN SU sesuai dengan besaran yang sudah diumumkan dengan menggunakan Nomor Test

BRI Syariah

BNI Syariah

BRI

II. KETENTUAN KHUSUS DAN SANKSI UANG KULIAH TUNGGAL (UKT)

1.  Calon Mahasiswa yang tidak mengisi portofolio UKTpada waktu yang telah ditentukan dan tidak mengunggah Keseluruhan data pendukung UKT, maka yang bersangkutan masuk ke dalam Uang Kuliah Tunggal tertinggi di kelompok 7 (tujuh).

2.   Calon Mahasiswa yang terbukti melakukan kecurangan dalam pengisian formulir UKT dan/atau memalsukan data dukung UKT, akan diberi sanksi sebagai berikut:

  • ditetapkan sebagai mahasiswa UKT Kelompok 7 (tujuh)
  • dan tidak dapat melakukan klarifikasi/banding UKT.

3.   Pengajuan penurunan kelompok UKT hanya dapat dilakukan dengan cara klarifikasi/banding UKT pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.

4.   Klarifikasi/Banding  UKT  hanya  dapat  dilakukan  bagi  mahasiswa  yang  mengikuti Proses  UKT  Pilihan  B  pada kelompok UKT 4,5 dan 6.

5.   Mahasiswa yang sudah melakukan pembayaran UKT, kemudian mengundurkan diri sebagai mahasiswa, maka pembayaran UKT tidak dapat ditarik kembali.

 

III.PEMBERKASAN DAFTAR ULANG

NO TANGGAL TAHAPAN KEGIATAN TEMPAT
1

28-30 Agustus 2019

Menyerahkan Berkas Daftar Ulang:

  1. Pas photo ukuran 3 x 4 warna sebanyak 4 lembar :
    • 1 (satu) lembar dimasukkan ke dalam map untuk bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro AAKK UIN SU.
    • 3 (tiga) lembar dimasukkan ke dalam map untuk Fakultas.
  2. Melampirkan cetakan hasil pengumuman besaran UKT
  3. Fotocopy Bukti Pembayaran UKT (Manual/ATM/Internet Banking) yang sudah dibayarkan pada Bank Mitra UIN SU Medan.
  4. Melampirkan cetakanTANDA LULUS peserta UM-MANDIRI yang dapat diunduh di laman http://maba.uinsu.ac.id.
  5. Fotocopy Ijazah/SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) dari sekolah yang telah dilegalisir.
  6. Melampirkan cetakan formulir yang     telah diisi pada laman http://maba.uinsu.ac.id (ditandatangani di atas materai 6000).
  7. Melampirkan Surat Pernyataan kesediaan mentaati Peraturan Akademik bermaterai 6.000 (formulir isian dapat diunduh pada Laman http://maba.uinsu.ac.id atau http://www.uinsu.ac.id).
  8. Melampirkan  Surat  Pernyataan  bersedia  tinggal  di  Ma’had  UINSU  selama  2 Semester. (formulir isian dapat diunduh pada Laman http://maba.uinsu.ac.id)
  9. Menjalani Tes Bebas Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Utara bekerjasama dengan UIN SU, bertempat di AULA UIN SU kampus II Jl. Williem Iskandar Pasar V  Medan Estate dan melampirkan Hasil tes dimaksud (Surat Keterangan Bebas Narkoba).  Biaya  Tes  Bebas Narkoba  dibebankan kepada Calon Mahasiswa).
  10. Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKBB) dari Kepala Sekolah bagi yang tamat tahun 2019, tamat tahun 2018 dan 2017 dari kepala Desa/Lurah.
  11. Surat keterangan berbadan Sehat dari Dokter Pemerintah/Puskesmas.
  12. Seluruh berkas padapoint 1-11 dibuat rangkap 2 (dua) dan disusun sesuai dengan urutan kedalam map berwarna dengan ketentuan: Fakultas Dakwah dan Komunikasi (kuning)Ekonomi dan Bisnis Islam (birumuda)Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (hijau)Syari’ah dan Hukum (merah muda), Ushuluddin dan Studi Islam (biru)IlmuSosial (kuning tua)Sains dan Teknologi (merah), Kesehatan Masyarakat (hijau tua)
    • Map pertama diserahkan ke Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro AAKK UIN Sumatera Utara Medan.
    • Map kedua diserahkan ke Fakultas Masing-masing.

AULA UINSU

dan

FAKULTAS

 

Pukul : 08.30 s.d 15.30 WIB

 

  1. Calon mahasiswa mendaftar ulang secara langsung (tidak boleh diwakilkan kepada siapapun).
  2. Calon mahasiswa yang terlambat mendaftar ulang pada waktu yang telah ditetapkan dianggap mengundurkan diri.
  3. Biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal)  yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  4. Bagi  mahasiswa  yang  telah  mendaftar  ulang  wajib  mengikuti  kegiatan  Pengenalan  Budaya  Akademik  dan Kemahasiswaan (PBAK) tgl 03 s/d 05 September 2019.
  5. Awal perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2019-2020 dimulai tanggal 06 September 2019.

Demikian Pengumuman ini disampaikan agar dapat dilaksanakan.

 

Medan, 14 Juni 2019 An. Rektor Wakil Rektor I

dto

Prof. Dr. SYAFARUDDIN, M.Pd

NIP. 196207161990031004

 

CONTOH PENGISIAN

SLIP PEMBAYARAN UKT (UANG KULIAH TUNGGAL) SEMESTER I

  1. BANK BRI

​​

  1. BANK BRI SYARIAH

  1. BANK BNI SYARIAH

LAMPIRAN :

1.  KR NO 70 THN 2019 tentang Besaran UKT 2019-2020

2.  KMA No. 151 UKT TA 2019

3.  Keputusan Rektor Nomor 67 Tahun 2019 - TENTANG MEKANISME UKT

4.  Pernyataan Kesediaan Mentaati Peraturan 

5. Surat Pernyataan bersedia tinggal di Ma’had UINSU selama 2 Semester

6. Surat Pernyataan Kesediaan Membayar UKT 7

Helpdesk :

0823 6742 6688 ( WA available )

0823 6742 4283 ( WA available )