Home -> Kolom Rektor

Kolom Rektor

Tanggal : 2016-09-20 | Waktu : 15:19:29

AKSELERASI  UINSU MENUJU “JUARA”
Keinginan untuk menjadi “Juara” atau “Champion” adalah obsesi yang inheren dalam fitrah manusia. Allah sangat memahmi hal ini sehingga di dalam surat Al-Baqarah terdapat ayat 148 yang mengakomodasi keinginan  menjadi juara ini secara gamblang yaitu “Fastabiqul khairat” (Berlomba-lomba-lah kamu dalam mengejar kebaikan).. Namun, Al-Quran membatasi orientasi juara ini hanya terhadap kebaikan.
Kata JUARA juga bisa dikembangkan menjadi MAJU dan SEJAHTERA sebagaimana yang sering saya kemukakan dalam berbagai pertemuan. Dua kata ini sebenarnya dielaborasi dari Alquran yaitu surat Al-Baqarah ayat ayat 201 yaitu doa yang harus dipinta seorang muslim kepada Allah. “Ya Allah, berikankanlah kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat”.

 


Juara juga bisa disandingkan dengan  kata FALAH. Saya memahami bahwa Al-Falah ini adalah bagian dari “HASANAH” yang dikandung dalam surat Al-Baqarah. Pesannya sama yaitu bagaimana kita terus melakukan peningkatan kebaikan dan mendapatkan kesejahteraan hidup.
Dalam konteks UINSU yang terbilang muda ini, semangat menjadi JUARA harus selalu bersemi di hati kita. Tanpa keinginan untuk itu, maka dipastikan semangat kita untuk bergerak dan berprestasi akan lemah bahkan tidak ada.
Demikianpun, sebagaimana yang disampaikan dalam Alquran di atas, semangat ini harus bernuansa positif dan menuju kebaikan serta dilakukan dalam suasana kekeluargaan dan kebersamaan. Tanpa itu, apapun bentuk kemenangan dan juara yang berhasil kita peroleh tidak akan memberikan kebaikan bagi diri sendiri apalagi bagi orang lain.
Saya menekankan 3 (tiga) hal yang harus kita lakukan perbaikan di UINSU yaitu terkait struktur, aparatur dan budaya akademis.
Saya yakin bahwa UINSU memiliki banyak potensi yang bisa melejitkan kampus ini ke kancah internasional. Kita memiliki ratusan dosen dan staff yang memiliki kualifikasi mumpuni. Sumber Daya Insani (SDI) kita  terampil dan terdidik. Mereka mampu memberikan pelayanan prima. Singkatnya, kita memiliki semua persyaratan untuk menjadi kampus unggul, dan berkualitas untuk berkiprah di kancah nasional dan internasional.
Tinggal lagi, bagaimana kita mampu menggerakkan seluruh potensi diri kita secara ikhlas. Keikhlasan akan melejitkan energi dan potensi kita. Ini telah dibuktikan oleh para penggerak dunia pendidikan di Indonesia termasuk para pendahulu kita di UINSU tercinta ini.
Semoga Allah memberikan keberkahan kepada kita, Amin