Rektor Serahkan Bantuan Kader NU UIN Sumut untuk Pembangunan UNUSU

Rektor Serahkan Bantuan Kader NU UIN Sumut untuk Pembangunan UNUSU

MEDAN – Kader Nahdatul Ulama (NU) yang menjadi Civitas Akademik di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Sumut (UIN Sumut) memberikan bantuan kepada Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU). Bantuan ini berupa bahan bangunan untuk membantu perbaikan fasilitas di UNUSU.

Bantuan itu diberikan secara simbolis kepada Ketua Tanfidziyah Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumut, KH Syahrial Tambunan di Kampus UNUSU, Jalan Gaperta Ujung Kecamatan Medan Helvetia, Rabu (7/7/2021). Turut hadir dalam acara itu, Wakil Rektor III UINSU Dr Nispul Khoiri, WR II UINSU Dr Hasnah Nasution, serta sejumlah dosen UIN Sumut yang merupakan kader atau pengurus NU.

Rektor UIN Sumut Prof Syahrin Harahap mengatakan bahwa, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian para kader dalam memajukan NU, khususnya dalam bidang pendidikan.

“Bantuan ini sebenarnya baru awal, akan terus melanjutkan dan meningkatkannya sehingga suatu saat ada semacam tradisi,” kata Prof Syahrin.

Prof Syahrin mengatakan bahwa, alumni UINSU dirancang sebagai Ulul Albab kader bangsa. Menurutnya, ada dua pedoman yang dipegang oleh mahasiswa UIN Sumut, yaitu Nahdatul Ulama dan Cendekiawan. Sehingga menurutnya, antara Nahdatul Ulama dan UIN Sumut itu tidak bisa dipisahkan.

“Kalau saya buat semacam gambaran, anak UIN itu bergantungnya dua, satu di NU dan satu di pintu-pintu cendikiawan. Karena tidak bisa ia melepaskan diri sebagai anak-anak yang ingin memperjuangkan keulamaan,” sebutnya.

Ia juga sempat menyampaikan sebuah filosofi kearifan lokal dari Tapanuli Selatan “Manjappal tu luar, mangallangi tu bagasan”. Ungkapan ini maksudnya, bagi kader Nahdatul Ulama yang berkarya di luar harus tetap kembali ke rumah (Nahdatul Ulama). Hal ini menurutnya harus diterapkan oleh seluruh kader NU.

“Jadi menunjukkan sama kader-kader NU ini bagi yang pergi ke mana-mana, harus balik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ketua PWNU Sumut Syahrial Tambunan sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh para kader Nahdatul Ulama yang menjadi Civitas Akademik di UIN Sumut.

“Tentu kami sangat mengapresiasi sumbangsih yang diberikan dan kami mengucapkan terimakasih,” sebutnya.

Syahrial berharap, dengan bantuan ini bisa membangun peradaban pendidikan yang lebih baik di UNUSU. Ia juga meminta sumbangsih pikiran dari kader Nahdatul Ulama di UIN Sumut terkait peningkatan kualitas pendidikan.

“Saudara-saudara kami di UIN Sumut kami sangat berharap sumbangsih pikiran bagaimana membangunkan universitas yang memiliki lulusan yang pintar dan berakhlak,” pungkasnya.