UINSU

Proses Pendaftaran SBMPTN:

Pendaftaran SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia yang dilaksanakan secara bersama oleh berbagai perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam SBMPTN. Berikut adalah informasi umum mengenai pendaftaran SBMPTN:

  1. Pengumuman: Pengumuman mengenai jadwal dan persyaratan pendaftaran SBMPTN biasanya disampaikan melalui situs web resmi SBMPTN, serta melalui media sosial dan saluran informasi lainnya.
  2. Pendaftaran Online: Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman resmi SBMPTN yang disediakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Selama proses pendaftaran, calon peserta diminta untuk mengisi informasi pribadi, memilih program studi yang diminati, dan mengunggah dokumen-dokumen pendukung sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.
  3. Pembayaran Biaya Pendaftaran: Calon peserta biasanya harus membayar biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pembayaran ini dapat dilakukan melalui bank atau sistem pembayaran online yang telah ditentukan.
  4. Verifikasi Dokumen: Setelah pendaftaran selesai, calon peserta diwajibkan melakukan verifikasi dokumen asli ke sekolah atau lembaga yang ditunjuk sebagai panitia SBMPTN.
  5. Seleksi: Proses seleksi dilakukan berdasarkan hasil ujian tertulis SBMPTN yang mencakup tes potensi akademik, tes kemampuan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), tes kemampuan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), dan tes kemampuan IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran). Hasil seleksi akan diumumkan melalui situs web resmi SBMPTN.
  6. Pengumuman Hasil: Pengumuman hasil seleksi SBMPTN akan diumumkan melalui situs web resmi SBMPTN dan peserta juga dapat melihat hasil seleksi menggunakan nomor peserta dan kata sandi yang telah didaftarkan.
  7. Registrasi Ulang: Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi harus melakukan registrasi ulang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh perguruan tinggi negeri yang bersangkutan.
  8. Mulai Kuliah: Setelah proses registrasi ulang selesai, mahasiswa baru dapat memulai kegiatan perkuliahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi.

Pendaftaran SBMPTN merupakan salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang digunakan oleh calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Calon mahasiswa disarankan untuk memahami dengan baik prosedur dan persyaratan pendaftaran serta terus memantau informasi resmi yang diberikan oleh LTMPT terkait.

Skip to content