Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2016-10-17 | Waktu : 20:36:06
Workshop Perencanaan Diseminasi Praktik di Madrasah

Medan, 12 Oktober 2016. Rektor UIN SU (Prof. Dr. Saidurrahman ,M.Ag) hadir sebagai narasumber pada workshop perencanaan diseminasi praktik baik di Madrasah, dengan tema sinergitas UIN SU dan Kemenag dalam pengembangan madrasah, yang bekerjasama dengan USAID Prioritas di Hotel Grand Kanaya, Medan.

Universitas Negeri Islam Sumatera Utara (UIN SU) mendukung program pengembangan madrasah. Sebagai lembaga pendidikan UIN SU memiliki sumber daya manusia yang mumpuni guna mendukung pengembangan dalam dunia pendidikan, khususnya madrasah.

Prof. Dr. H. Saidurrahman menambahkan, bahwa insititusinya siap mendukung program pengembangkan madrasah. “UIN SU memiliki sumberdaya manusia terampil dan metodologi mumpuni yang bisa dimanfaatkan madrasah.Kolaborasi UIN SU, madrasah dan USAID PRIORITAS diyakini bisa meningkatan mutu madrasah. “Kita berharap dengan adanya kerjasama ini akan memberikan pengaruh pada peningkatan mutu madrasah.

Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan, mengatakan Sumut memiliki guru sebanyak 169 ribu orang, baik di sekolah negeri dan madrasah. USAID PRIORITAS baru mampu menjangkau 4 persen dari jumlah tersebut. “Sampai saat ini kami baru bisa melatih 15.901 orang pendidik di 1.995 sekolah. Dari sekolah yang kami jangkau ini, ada 88 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan 74 Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Agus Marwan mengatakan dibutuhkan kerjasama semua pihak, agar lebih banyak guru madrasah yang bisa ditingkatkan kapasitasnya. Meningkatkan mutu madrasah merupakan pekerjaaan yang tidak pernah selesai. Hasil terbaik akan muncul jika pemerintah pusat, madrasah, LPTK dan masyarakat ikut berpartisipasi. “Itu sebabnya kami sangat bangga bisa mendukung Kementerian Agama untuk menghasilkan madrasah bermutu.

Program USAID PRIORITAS didesain untuk membawa akses pendidikan berkelas dunia. Program ini bekerja di 15 kabupaten/kota di Sumut, yaitu Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga, dan Nias Selatan.