Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-03-06 | Waktu : 09:27:58
FST UIN SU MENDAPAT DUKUNGAN DARI TRAVELOKA MENGADAKAN SEMINAR GRATIS

FST UIN SU MENDAPAT DUKUNGAN DARI TRAVELOKA MENGADAKAN SEMINAR GRATIS

 

 

Aula PPS UIN SU, 03 Maret 2017. Alhamdulillah acara Digital Marketing Seminar yang merupakan kerjasama Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN SU dengan Traveloka (https://www.traveloka.com).  Acara seminar ini dilaksanakan pada tanggal 03 Maret 2017 bertempat di Aula Pascasarjana UIN SU Kampus Sutomo Medan. Minat peserta yang ingin ikut seminar ini luar biasa banyak, akan tetapi karena terbatasnya kouta sehingga untuk mahasiwa dibatasi hanya untuk 100 orang peserta saja. Mahasiswa/i 100 orang tersebut merupakan gabungan dari 5 Program Studi yang ada di FST yaitu Program Studi Sistem Informasi, Program Studi Ilmu Komputer, Program Studi Matematika, Program Studi Biologi dan Program Studi Fisika.   Peserta seminar juga dihadiri oleh para pimpinan di FST, mulai dari Dekan Bapak Dr. H. M. Jamil, MA, Wakil Dekan-1 Ibu Dr. Rina Filia Sari, M.Si., Ibu Wakil Dekan-2 Ibu Noor Azizah, M.Hum, Wakil Dekan-3 Bapak Nurul Huda Prasetiya, MA dan juga dihadiri para Kajur/Ka. Prodi di lingkungan FST yaitu Kajur/Ka.Prodi Ilmu Komputer Bapak Mhd. Furqan, S.Si, M.Comp.Sc., Kajur/Ka.Prodi Matematika Ibu Dr.Sajaratutdur serta para dosen di FST.

Pada kesempatan sambuatan dari ketua pelaksana kegiatan yaitu Bapak M. Irwan Padli Nasution, ST, MM, M.Kom kebetulan juga pada masa ini beliau adalah ketua Jurusan/Prodi Sistem Informasi, beliau mengucapkan banyak terima kasih atas segala dukungan dari pihak Traveloka Jakarta sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan semoga akan terus ada kegiatan yang terjalin oleh kerjasama UIN SU dengan Traveloka karena di FST ada dua Program Studi berbasis komputer yaitu Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi Ilmu Komputer.

Acara dibuka dengan resmi  oleh Dekan FST Bapak Dr.H.M Jamil, MA.  Dalam kesempatan arahan dan bimbingannya beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesarnya atas dukungan Traveloka sehingga acara seminar ini dapat terlaksana dengan baik. Beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada Bapak M. Irwan Padli Nasution, ST, MM, M.Kom yang telah berkoordinasi dengan pihak Traveloka Jakarta sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik.

Setelah acara pembukaan  seterusnya masuk ke acara intinya yaitu seminar, dalam hal ini narasumber seminar langsung datang dari Trveloka Jakarta yaitu Bapak Hangga Nuarta Jari Pratama dengan judul materinya: “Search Engine Optimization”.  Para peserta sangat antusias mengikuti seminar ini, banyak pertanyaan-pertanyaan dari para peserta mahasiswa maupun dosen.

Pak Hangga menjelaskan tentang ide pendirian Traveloka hingga menerbitkan dua produk unggulannya bermula dari kesulitan Ferry Unardi dalam mencari tiket pesawat. Bersama dua rekan lainnya, yakni Derianto Kusuma dan Albert, akhirnya Ferry membangun sebuah platform online yang berfungsi mencari tiket dan membandingkan harga tiket pesawat antar situs yang satu dengan yang lain. Ide ini kemudian diapresiasi oleh East Venture dengan memberikan investasi awal kepada Traveloka. Tak berhenti sampai di sana, Traveloka terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 2014, Global Founder Capital ikut menyuntikkan modal ke situs ini. Pengembangan lini bisnis pun tak terelakkan sampai akhirnya dari hanya pencari dan pembanding, Traveloka mengubah konsep bisnisnya menjadi penyedia tiket pesawat pada Mei 2014. Hanya berselang dua bulan kemudian, Traveloka kembali menghadirkan produk baru yang semakin mampu memudahkan perjalanan siapa pun, yakni produk reservasi kamar hotel, disusul dengan produk pembelian pulsa dan paket internet, pemesanan tiket kereta, dan pembelian tiket aktivitas dan rekreasi. Hingga saat ini, Traveloka sudah memiliki 100.000 rute penerbangan yang bisa dipilih. Mulai dari rute antar kota, provinsi, hingga negara dapat ditemukan di Traveloka. Tak hanya itu, Traveloka yang kini sudah bekerja sama dengan lebih 70 maskapai domestik hingga internasional ini menyediakan segmen pilihan penerbangan yang dapat disesuaikan dengan budget pelanggan, mulai dari low cost carrier untuk yang senang berhemat dan memiliki anggaran terbatas hingga full service bagi yang memprioritaskan kenyamanan. Pada 2016 saja, Traveloka memboyong banyak perhargaan yang membanggakan, beberapa di antaranya adalah Top Brand Award 2016 untuk kategori Situs Online Booking Tiket Pesawat dan Situs Online Reservasi Hotel pada September 2016.   

 

Narasumber di akhir acara memilih diantara peserta yang bertanya sebelumnya mana pertanyaannya yang terbaik dan ternyata ada 3 orang peserta mahasiswa yang pertanyaannya cukup menarik sehingga Pak Hangga Nuarta, memberikan kepada mereka hadiah, yaitu voucher untuk sewa kamar hotel.