Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-05-04 | Waktu : 21:38:24
Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan Ke XIV di Riau

( UIN SU )

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin membuka secara resmi Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) ke XIV di UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Kamis (03/05/18).

Mengusung tema "Merajut Harmoni Berkarya Nyata Membangun Negeri" kegiatan PW PTK XIV se Indonesia Tahun 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 3-10 Mei 2018 yang diikuti oleh 1500 Pramuka Pandega yang berasal dari 58 PTKIN se Indonesia, dengan perincian 17 UIN, 37 IAIN dan 4 STAIN. Juga diikuti oleh PTKIS dan Pramuka Mahasiswa Luar Negeri. UIN SU sendiri mengutus kontingen sebanyak 20 orang Mahasiswa Pramuka, 3 orang pimpinan yang terdiri dari Rektor UIN SU Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag., Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. Amroeni, M.Ag. sebagai Ketua Kontingen, dan Kepala Biro AAKK H. Iwan Zulhami, SH. M.AP, 4 orang Pembina Pramuka , Dr. Ali Murtadjo, Dr. Amar Adhly, M.Ag., Laila Rohani, M.Ag dan Ismahani, M.Ag serta Humas UIN SU Yunni Salma, S.Ag., MM. juga komponen lain yang ikut menyemarakkan perkemahan.

PW PTK  bertujuan membentuk karakter anggota Pramuka agar mempunyai jiwa kepemimpinan, tanggung jawab dan berdedikasi pada ilmu pengetahuan sehingga dapat mengoptimalkan perannya di masyarakat. Kemudian PW PTK juga merupakan wadah untuk meningkatkan silaturrahmi diantara Pramuka PTK dan masyarakat serta menggali potensi-potensi lingkungan, budaya dan wisata pendidikan.

Dalam amanatnya, Menag menyampaikan bahwa gerakan Pramuka telah mengakar secara historis di bumi Nusantara sebagai wadah pembinaan generasi muda, reproduksi kepemimpinan dan menciptakan kader perubahan.  Selanjutnya Menag mengajak para Pramuka untuk menjadi aktor penting " Pengarusutamaan Moderasi Agama". Mari tebarkan budaya damai, sikap saling asah dalam memahami agama dan saling asuh dalam memahami kehidupan, untuk Indonesia yang lebih baik " Yang Waras Tidak Boleh Mengalah", saya kira menjadi keharusan bagi mahasiswa PTK dalam partisipasinya menjadi duta agama yang moderat", ujar Menag.

Selanjutnya Menag juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Perkemahan Wirakarya PTK ke XIV se Indonesia ini. "Melalui even ini, saya berharap dapat menjadi washilah untuk memperteguh semangat persatuan dan kesatuan, memupuk nasionalisme dan patriotisme serta menebarkan paham dan ajaran agama yang moderat", pesan Menag. (YS Humas)