Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-06-08 | Waktu : 07:55:11
Pertukaran Pemuda Antar Negara ASEAN-INDIA Student Exchange program 2018

Medan (UIN SU)

Mahasiswa UIN SU kembali menorehkan prestasi membanggakan di tingkat nasional untuk ajang Internasional sebagai duta Pertukaran Pemuda Antar Negara ASEAN-INDIA Student Exchange program 2018 mewakili Sumatera Utara dan Indonesia pada 1 - 11 Mei 2018. Sebanyak 25 orang delegasi masing-masing provinsi mewakili Indonesia bersama 10 Negara ASEAN dan India.

Adalah Atika Winari Putri, mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN SU program studi Pendidikan Bahasa Inggris semester 8 yang juga menjabat sebagai Founder Scholarship Hunter Sumatera Utara, terpilih  sebagai delegasi dan menjadi satu-satunya mahasiswa mewakili Sumatera Utara dalam ajang bergengsi tersebut . Sebelum bertugas ke India  Atika telah mengikuti Pra Departure training pada 23-30 April 2018 di Jakarta.

Sebelumnya Atika juga telah mewakili  beberapa kegiatan di ajang Internasional diantaranya mewakili Project Implementation Unit (PIU) UIN SU bersama 20 delegasi mahasiswa di Malaysia tahun 2016 dan mewakili UIN SU dalam Konferensi Perdamaian Dunia di Korea Selatan tahun 2017.

" Ini adalah kali ke empat saya mengikuti seleksi untuk ajang pertukaran pemuda. Saya mengikuti seleksi mulai semester 2, 4 dan 6 tetapi gagal. dan baru pada semester 8 ini saya mendapat kesempatan menjadi delegasi mewakili Indonesia dalam Pertukaran Pemuda Antar negara di India bersama para duta mewakili ASEAN dan India. Karena itu saya ingin berpesan kepada teman-teman pemuda agar jangan mudah menyerah dan terus mencoba. Sebenarnya di luar sana banyak yang lebih baik, bedanya saya tidak mudah menyerah dan percaya akan kemampuan serta selalu mensupport diri sendiri serta selalu yakin bahwa pada gilirannya kita akan berhasil", papar Atika. 

Atika menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (DISPORASU) dalam mencari  pemuda-pemudi yang memiliki bakat  untuk program Pertukaran Pemuda Antar Negara. " Yang terpilih dalam program ini adalah pemuda yang benar-benar memiliki kesiapan matang baik fisik maupun mental, serta memiliki keterampilan untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan secara personal mempenalkan budaya dari provinsinya masing-masing ", kata Atika.

Program ini sendiri mempunyai tujuan untuk memperkenalkan seni dan budaya Indonesia ke dunia luar serta saling bertukar informasi  tentang kemajuan pengetahuan dan teknologi saat ini. 

Rektor UIN SU Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag., menyampaikan apresiasi dan rasa bangga terhadap Atika yang telah berhasil membawa nama harum UIN SU di kancah Internasional. " Saya memberikan apresiasi yang tinggi serta berterimakasih atas prestasi ini dan berharap prestasi ini akan tertular kepada teman-teman yang lain. Bahwa kita punya prestasi, bahwa kita juga punya hambatan. Tetapi pengalaman dan prestasi mahasiswa menunjukkan bahwa kita bisa bersaing dan menunjukkan yang terbaik, dan untuk menjadi yang terbaik dibutuhkan kerjasama dari para mahasiswa . Dengan prestasi-prestasi para mahasiswa UIN SU di tingkat Nasional maupun Internasional berarti niat kita menuju World Class University bukanlah sekedar mimpi', papar Prof. Saidurrahman. (YS Humas)