Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-10-25 | Waktu : 22:24:06
UINSU Ikuti FGD Ditjen Pendis Kemenag Optimalkan Peran Fungsi Humas PTKIN

Medan, (Analisa)
Humas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) mengikuti focus group discussion (FGD) dan Publikasi Pendidikan Islam 2018 yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI, Kamis (17/10). 

FGD dan publikasi pendidikan Islam ini bertujuan mengoptimalkan peran Humas di setiap perguruan tinggi Islam Indonesia untuk membantu mengenalkan keberadaan Ditjen Pendis Kemenag RI dengan ciri khasnya agar lebih dikenal masyarakat luas.

Program ini diikuti sekitar 50 orang yang merupakan pimpinan dan tenaga Humas dari seluruh PTKIN (perguruan tinggi keagamaan Islam negeri) di Indonesia seperti UIN, IAIN dan STAIN. Termasuk di antaranya dari Humas UINSU Medan. Selain FGD, kegiatan ini sebagai wahana publikasi pendidikan Islam di 2018 yang digelar di di Hotel Golden Tulip Jakarta Pusat pada 17-18 Oktober 2018.

Sekretaris Ditjen Pendis Kemenag RI, Dr H Imam Safe'i, MPd pada sambutannya menyampaikan, Humas mempunyai peran penting dalam membantu mengenalkan Pendis Kemenag dengan citra yang baik. "Semoga peran Humas bisa membantu keberadaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan kita harus bisa meyakinkan publik mengenai branding dan ciri khas dari masing-masing kampus PTKIN Indonesia," paparnya saat membuka kegiatan itu.

Ia menilai, ciri khas merupakan aspek penting dalam mempromosikan pendidikan Islam yang mampu tampil beda dalam upaya pemberikan pendidikan bagi generasi muda. "Ciri khas ini sangat diperlukan agar dikenal oleh masyarakat luas.” tukasnya.

Selanjutnya, ia menegaskan, tugas untuk membuat dan memberikan citra dengan ciri khas kampus yang baik itu bukan hanya menjadi tugas Humas, tapi merupakan tanggung jawab semua unsur kampus. “Kampus yang besar merupakan kampus yang memiliki ciri khas tersendiri, tentu hal ini bukan hanya tugas Humas namun tugas bersama dari unsur pimpinan dan yang ada di bawahnya," ujarnya. 

Ia menjelaskan, tugas kehumasan merupakan peran penting khususnya dalam publikasi, penggambaran citra atau branding dan berhubungan langsung dengan masyarakat. Dengan menghadapi tuntutan masyarakat yang dinamis, ia menilai diperlukan gagasan baru agar kinerja lebih optimal. "Tuntutan masyarakat terus berubah kita harus dapat dan cepat merespon, bila perlu ada gagasan terbaru untuk Humas agar dapat mengoptimalkan publikasi untuk masing-masing PTKIN," ungkapnya.

Kasubbag Humas dan Informasi UINSU, Yunni Salma, MM mengharapkan, semoga dengan kegiatan ini mampu mendorong dan meningkatkan peran dan fungsi Humas khususnya di UINSU agar lebih mampu dalam memberikan citra baik dengan ciri khas pendidikan Islam, sehingga sampai dan lebih diminati masyarakat luas. Yaitu mengenalkan UINSU yang lebih juara dengan konsep membangun peradaban Islam di Sumut, Indonesia dan dunia yang mengusung kesejahteraan bagi umat. (amad)