Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-11-23 | Waktu : 14:13:14
WISUDA KE-69 UINSU LANTIK 1.155 LULUSAN PENGEMBAN MISI PUSAT PERADABAN ISLAM SUMUT

Medan (Humas UIN SU) 
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) menggelar wisuda ke-69 dengan melantik 1.155 lulusan dari program doktoral, magister,  sarjana dan ahli madya di Gedung KH. M. Arsyad Thalib Kampus I UIN SU Jalan IAIN / Sutomo Ujung No. 1, Senin (19/11). Sekaligus peringatan Dies Natalis ke-45, UIN SU bertekad mewujudkan misi pengemban peradaban Islam di Sumut melalui pendidikan tinggi yang unggul akademis dan akhlak.

1.155 lulusan yang diwisuda kali ini terdiri dari delapan lulusan program doktoral, 67 lulusan program magister, 132 lulusan FSH, 86 lulusan dari FUSI, 450 lulusan dari FITK, 122 lulusan dari FDK dan 290 lulusan dari FEBI. Hingga saat ini, kampus Islam ini telah menghasilkan 25.537 alumni yang tersebar di berbagai unit kerja dan profesi dengan tetap membawa nuansa alumni UIN SU yang islami.

Rektor UIN SU, Prof. Dr. KH. Saidurrahmahn, M.Ag. dalam pidatonya menyampaikan, pengemban misi pusat peradaban bermakna dalam dan luas. Dengan menghasilkan lulusan yang mencerminkan universitas dengan merepresentatifkan insan akademis. " Yaitu golongan tafaqquh al-fiddin yang memahami berbagai persoalan kehidupan sekaligus menemukan solusinya," ungkapnya.

Rektor juga menyampaikan, hadirnya UIN SU juga untuk kemajuan dan persatuan NKRI. "Oleh karena itu, pada momen ini, kita terus bertekad menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam akademik, cermin  keislaman yang rahmatan lil alamin untuk membangun negeri sebagai bagian dari peradaban dunia. UINSU Juara, Sumut Bermartabat dan semangat Indonesia Raya," paparnya.

Prof. Saidurrahman juga menceritakan sejarah ringkas perkembangan kampus Islam yang telah berdiri 45 tahun ini. Ia juga memaparkan, saat ini memiliki 24.382 mahasiswa aktif yang berada di delapan fakultas dan 58 program studi. "Dalam merealisasikan visi misinya, UIN SU menggagas tiga program yang menjadi harga mati. Yaitu akreditasi A,  digitalisasi dan internasionalisasi," lanjutnya.

Diketahui, UIN SU saat ini berakreditasi B dan akan mengejar akreditasi A dalam beberapa waktu mendatang. Hal ini juga didukung sejumlah fasilitas dan sarana prasarana misalnya gedung perkuliahan, pemutakhiran aset dan lain sebagainya. Rektor juga menyampaikan sejumlah prestasi dosen dan mahasiswa UIN SU yang berhasil diraih. Baik di kancah regional, nasional dan internasional.

Ia menyampaikan, melalui pendidikan tinggi Islam, masyarakat dapat dibina sehingga memiliki keterampilan yang dibarengi dengan akhlak dan keislaman di tengah era globalisasi saat ini. "Sehingga di masa depan, dapat terbentuk peradaban yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi serta nilai-nilai humanistik," pungkasnya.

Walau perkembangan zaman juga membawa dampak negatif, ditambah sikap individualistis, materialis dan kapitalis yang mendekonstruksi, namun harus dilawan dengan membangun peradaban islami. "Kita bertekad menjadi benteng peradaban dengan cara menjaga dan mengembangkan budaya ilmiah di masyarakat untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada," tukasnya.

Upacara wisuda sarjana ini diisi dengan berbagai rangkaian acara dan pertunjukkan hingga sambutan wisudawan terbaik. Turut hadir para pimpinan Forkopimda Sumut, anggota senat, pimpinan kampus, para dekan dan seluruh civitas UINSU. (humas)