Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2019-02-15 | Waktu : 21:35:18
Pelatihan Peran Serta Masyarakat Program PINTAR Tanoto Foundation Sekolah Mitra LPTK UINSU dan UMSU.

Medan (UIN SU)

Pendidikan adalah tanggung jawab pemerintah, orang tua dan masyarakat. Tanpa dukungan masyarakat, pendidikan tidakakan berhasil dengan maksimal.

Peran serta masyarakat(PSM) dalam pendidika nmeliput iperanserta perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, pengusaha dan organisasi kemasyarakatan dalam dan pengendalian mutu pelayanan pendidikan. Masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber, pelaksana, dan pengguna hasil pendidikan. Hal ini tertuang didalam UU No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Setiap sekolah telah mempunyai komite sekolah yang merupakan wakil masyarakat dalam membantu sekolah. Namun sampai sekarang dukungan tersebut lebih banyak pada bidang fisik dan materi. Padahal banyak sekalijenis dan bentu kdukungan yang termasuk Peran Serta Masyarakat. Hal ini diungkapkan Dr. H. Amiruddin Siahaan, M.Pd, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara didalam sambutannya pada acara pelatihan Peningkatan Peran Serta Masyarakat yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation bekerjasama dengan LPTK UINSU dan UMSU.

“Paradigma masyarakat yang terbentuk dari pemahaman negatif bahwa sebuah lembaga pendidikan dasar kurang mampu memberikan layanan kepada warga masyarakat dalam melaksanakan perubahan kualitas pendidikan, hal ini tentunya berdampak pada kurangnya minat orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya kejenjang pendidikan yang lebih tinggi”, ungkapnya.

“Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Tanoto Foundation baik dalam peningkatan ketrampilan guru dan manajemen sekolah bertujuan untuk memastikan sekolah-sekolah Mitra LPTK UINSU dan UMSU dapat menjadi rujukan bagi keluarga dan masyarakat, tentunya guru dan kepala sekolah telah mengaplikasikan ilmu yang didapat didalam pelatihan, kepada siswa”, tutupnya.

Tanoto Foundation melalui program PINTAR menyelenggarakan pelatihan yang diharapkan mampu mendorong peningkatan peranserta masyarakat terhadap sekolah. Materi dalam Pelatihan Peran Serta Masyarakat difokuskan pada Unit Pembelajaran Aktif, Unit Peran Serta Masyarakat, Unit Manajemen Berbasis Sekolah dan Unit RencanaTindak Lanjut.

Tujuan pelaksnaan kegiatan ini untuk memperkenalkan unsur-unsur dan contoh pembelajaran aktif, Meningkatkan pemahaman MBS, mengidentifikasi ciri-ciri penerapannya, dan mendalami peran kepala sekolah, guru, pengawas, dan komite, meningkatkan pemahaman tentang Peran Serta Masyarakat (PSM) dalam meningkatkan mutu Pembelajaran, menginventarisasi jenis PSM, dan mengidentifikasi cara mendorong PSM.