Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2019-03-18 | Waktu : 08:12:56
MAHASISWA UIN SU WAKIL INDONESIA RAIH JUARA I DI AJANG MUSABAQOH TAHFIDZ AL-QUR'AN SE ASIA PASIFIK

Medan (UIN SU)

Mahasiswa UIN SU kembali mengukir prestasi di kancah Internasional. Kali ini Ahmad Rizki Maulana, mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) kembali memberi kebanggaan bagi Indonesia dan khususnya bagi UIN SU. Ia berhasil meraih Juara I mewakili Indonesia di ajang Internasional Musabaqoh Tahfidz Al-Qur'an se Asia Pasifik untuk cabang hafalan 20 juz di Jakarta dari 11-14 Maret 2019.

Mahasiswa semester dua yang berasal dari kota Medan ini mengatakan sangat bersyukur atas prestasi yang telah diraih selama ini. "Dalam Musabaqoh Tahfidz Al-Qur'an tersebut saya mengikuti cabang hafalan 20 juz. Saya sangat bersyukur kepada Allah swt bisa mewakili Indonesia dan menjadi juara pertama di ajang Asia Pasifik tahun 2019 ini. Semoga prestasi ini dapat mengharumkan nama Indonesia, khususnya mengharumkan nama UIN SU", ujarnya. 

Atas prestasi yang telah diumumkan di Istana Negara Jakarta dan telah ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 14 Maret kemarin, Rizki berhak atas hadiah Haji dan uang sebesar 19.500 riyal.

Rizki mengaku bahwa perlombaan ini sangat kompetititif. Peserta lain yang berasal dari 28 negara di dunia memiliki kualitas yang sangat baik. "Ini merupakan kompetisi yang tidak mudah. Bersaing dengan para hafiz dari 28 negara dengan kualitas yang sangat baik dari segi hafalan dan tajwidnya. Ditambah lagi persiapan yang singkat dan mengharuskan kita untuk tampil prima", paparnya.

Anak ke 2 dari 3 bersaudara pasangan dari Bapak Deni Iskandar, SH, M.Hum, seorang Hakim Tipikor di Pengadilan Negeri Medan dan Ibu Salmawati ini pernah menempuh pendidikan di SMP Islamic Center Medan sebuah lembaga yang memadukan antara pesantren modern dan pesantren tahfidzul qur'an  dan dengan dibina oleh Al-Ustaz Al-HafidzTongku Alamsyah. 

Ketua LPTQ UIN SU yang juga Ketua prodi IAT Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN SU Medan, DR. Sugeng Wanto mengatakan bahwa Rizki merupakan salah seorang mahasiswa dengan banyak berprestasi hingga ajang internasional. "Kami selalu mengharapkan do'a dan dukungan dari semua pihak agar ia selalu sukses dan terus dapat memberi nama harum bagi negara, bangsa dan agama, terkhusus bagi UIN SU. Kami juga akan terus  memberi pembinaan untuk penguasaan Al-Qur'an sehingga ke depan Rizki maupun mahasiswa UIN SU lainnya menjadi generasi Qur'ani", katanya.

Sementara itu Rektor UIN SU Medan Prof. Dr. Saidurrahman, M.Ag. sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh Rizki. Rektor mengatakan turut bangga dan berbahagia dengan prestasi yang diraih di ajang Internasional mewakili Indonesia. " Ini menjadi motivasi bagi mahasiswa UIN SU lainnya untuk tampil sebagai aset kampus, aset daerah dan aset negara. UIN SU akan terus membina para mahasiswanya untuk menorehkan prestasi baik dikancah Nasional maupun Internasional. Semoga ini menjadi tauladan bagi mahasiswa lainnya untuk memberi kebanggaan dan nama harum bagi UIN SU", tandasnya. (YS Humas)