Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2019-07-27 | Waktu : 16:47:18
MoU / MoA FSH UIN SU DAN LBH MEDAN “ LEGAL TRANSDISIPLINER ADALAH KENISCAYAAN”

Medan (UIN SU).

Fakultas Syari'ah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri Sumaterà Utara (UIN SU) Medan melakukan penandatanganan MoU dan MoA dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan di Ruang Sidang Biro Rektor Kampus II Jalan Willem Iskandar Medan Estate, Kamis (25/07/19).

"Hukum harus koheren, maka legal transdisipliner penyatuan hukum islam dan hukum adalah keniscayaan dan tak dapat dipisahkan", demikian disampaikan Dekan Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN SU Dr. Zulham, M.Hum.  dalam sambutannya di acara penandatanga MoU/MoA bersama LBH Medan. 

Selanjutnya Dr. Zulham menjelaskan bahwa kerjasama ini memberikan peluang bagi mahasiswa untuk belajar tentang penyelesaian sengketa baik litigasi maupun non litigasi. 
" LBH Medan mengajarkan kepada para mahasiswa untuk menyelesaikan masalah hukum secara litigasi maupun non litigasi artinya mahasiswa UIN SU dibawa untuk mengadvokasi masyarakat secara  langsung untuk mendapatkan hak-haknya", katanya.

Dikesempatan yang sama Direktur LBH Medan  Ismail SH, MH. menyampaikan bahwa penandatangan kerjasama hari ini adalah merupakan kelanjutan kerjasama yang sudah ada selama ini antara UIN SU dan LBH Medan . 

"Setiap tahun UIN SU mengirimkan para mahasiswa semester 5 untuk magang di LBH Medan. Dan kerjasama ini sudah berlangsung lama, namun belum tertuang dalam bentuk Nota Kesepahaman Kerjasama, dan hari ini kita mewujudkan kerjasama dalam bentuk MoU dan MoA", jelas Ismail.

"Dengan kerjasama ini diharapkan cita-cita UIN SU dan cita-cita LBH Medan dapat tercapai dimana agar LBH sendiri dapat memberikan bantuan hukum secara luas dan mempunyai kualitas.  Saya berharap agar lulusan UIN SU mampu menjadi penegak-penegak hukum yang hebat", lanjutnya.  

Selain itu Rektor UIN SU Medan, Prof.Dr.Saidurrahman, M.Ag. menyambut baik kerjasama ini dan berharap kerjasama ini mampu membangun kualitas mahasiswa UIN SU.

" Kerjasama ini tentu saja sangat membahagiakan kami. Kita berharap kerjasama ini mampu menyiapkan para mahasiswa UIN SU menjadi mahasiswa yang berkualitas,  dan tertarik dengan bidang advokasi", kata Rektor. 

Ditambahkan oleh Rektor bahwa keberadaan LBH adalah sesuai dengan kebutuhan saat ini. Bantuan hukum adalah bagian dari profesi advokat yang merupakan profesi yang mulia. Karena itu Rektor berharap agar pengurus-pengurus LBH mau berbagi ilmu dan kemampuannya bagi mahasiswa UIN SU.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan MoU dan MoA anatara UIN SU dan LBH Medan.  (ys humas)