UINSU

Medan, (UIN Sumut)
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) didaulat Kementerian Agama (Kemenag) RI sebagai pelaksana assesmen kompetensi calon pejabat pimpinan tinggi pratama (PTP) di lingkungan kementerian tersebut. Sembilan peserta mengikuti ujian di kampus II Jalan Willem Iskandar Medan, Kamis (26/8).

Rektor UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap, MA melalui Kasubbag Humas dan Informasi Yunni Salma, MM menyampaikan, lima formasi jabatan dilamar peserta yang mengikuti assesmen di UIN Sumut yaitu Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jambi, Kepala Kanwil Sumatera Barat, Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepala Kanwil Kemenag Nusa Tenggara Timur dan Direktur Pendidikan Agama Islam Kemenag.

“Jadi UIN Sumut ditunjuk sebagai lokasi pelaksana assesmen kompetensi calon pejabat pimpinan tinggi pratama Kemenag. Ada beberapa kampus lain dan kanwil juga sebagai pelaksana assesmen, di kampus ini diikuti sembilan orang,” urainya didampingi kasubbag Kepegawaian Nining Nurbaiti.

Sembilan peserta assesmen tersebut yakni, Ahmad Sofian, Al Ahyu, Sapi’i, Burhanuddin, Muhammad Azhari, Muslim, Hayatsyah, Wanton Naibaho dan Saparuddin. Asesmen digelar secara virtual dari lokasi kampus tersebut selama tiga hari Selasa, Rabu dan Kamis (24-26/8) dengan beberapa sesi ujian.

Materi assesmen yang difasilitasi pelaksanaannya oleh UIN Sumut meliputi penulisan proposal, in-basket test atau uji kemampuan memecahkan masalah (problem solving), selanjutnya uji psikotes dan tes wawancara. Semua tes digelar daring dan diuji oleh panitia pusat. Hari pertama assesmen diikuti sembilan orang, pada hari kedua diikuti tiga orang dan pada hari ketiga diikuti enam orang.

“UIN Sumut bertindak sebagai panitia lokasi, menyediakan dan memfasilitasi ujian dari tempat, perangkat hingga jaringan internet. Untuk materi ujian disiapkan dan diuji oleh panitia pusat. Alhamdulillah assesmen ini berjalan aman dan lancar tidak ada kendala,” ujarnya.

Nining menambahkan, UIN Sumut merasa sangat terapresiasi dengan kepercayaan yang diberikan Kementerian Agama dengan mempercayakan UIN Sumut sebagai pelaksana ujian. Diharapkan dari peserta ujian tersebut berhasil meraih dan lulus assesmen sesuai dengan formasi jabatan yang dilamar. (humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content