Kontingen UIN SU Tambah Perak Cabang MHQ 30 Juz

Bandung, (UIN SU)
Pada hari keempat perhelatan akbar Pekan Seni dan Olahraga (Pesona) I PTKN 2022 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung, Kontingen UIN Sumatera Utara Medan berhasil menambah koleksi medali yaitu meraih perak pada cabang Musabaqah Hifzil Alquran (MHQ) kategori 30 juz.

Official MHQ Kontingen UIN SU, Dr Mustafa Kamal Rokan, MH menyampaikan, peraihan perak untuk cabang penghapal Alquran putri 30 juz tersebut atas nama Wafiq Mayada, mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam (FUSI) UIN SU Medan semester empat. “Alhamdulillah kita berhasil menambah juara untuk kontingen. Yakni peraihan perak atau juara dua pada cabang MHQ 30 juz oleh ananda Wafiq Mayada,” ujar Dr Mustafa di Bandung, Kamis (11/8).

Ia menilai, utusan dari Kontingen UIN SU untuk cabang tersebut sudah memberikan yang terbaik untuk penampilan cabang tersebut. Ia juga menyadari pada peserta atau penghapal Alquran dari kontingen lain tampil baik. “Hafiz lainnya tampil dengan baik. Kita sangat menghormati keputusan dewan hakim,” tukasnya.

Ia sampaikan terima kasih kepada para pimpinan UIN SU yakni Rektor Prof Dr Syahrin Harahap, MA dan kepala biro, wakil rektor bidang kemahasiswaan dan jajaran lainnya yang mendukung kegiatan Pesona I dan khususnya pada cabang penghapal Alquran 30 juz kategori putri ini.

Wafiq menyampaikan, terima kasih kepada kedua orangtua atas doa dan dukungannya. Sehingga pada hari ini bisa memberikan dan menyumbangkan prestasi, yakni juara dua pada cabang penghapal Alquran 30 juz. “Persiapan yang saya lakukan, di antaranya selalu berlatih dan selalu mengulang hapalannya. Menjaga kesehatan dan asupan nutrisi. Yang paling penting adalah menjaga konsentrasi,” katanya.

Menurutnya, dalam teknis penghapalan Alquran, salah satu yang terpenting ialah menjaga konsentrasi diri. Sehingga materi kompetisi terkait penghapalan Alquan dapat disampaikan dengan tepat dan benar. Dengan perolehan perak ini, menambah pundi-pundi medali atau raihan prestasi dari Kontingen UIN SU Medan pada ajang Pesona I PTKN 2022 di UIN SGD Bandung yang digelar pada 8-13 Agustus 2022.

Sementara itu Rizki Maulana, meraih juara harapan kedua dari cabang MHQ 30 juz putra. Rizki yang sudah berpengalaman dan banyak meraih prestasi di bidang MHQ ini, menyampaikan rasa syukur atas raihan ini meskipun hanya mendapatkan peringkat harapan kedua. Ia mengatakan sangat menghargai keputusan dewan hakim karena merupakan keputusan yang terbaik. Ia akan terus mengulang hafalan untuk maju dan menjadi yang terbaik.(humas)