UINSU

Medan (UIN SU)
Untuk meningkatkan kompetensi dosen pemula di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN SU Medan melaksanakan Workshop Pembelajaran untuk Dosen yang dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa, 19 – 20 Juni 2023 di Hotel Miyana Medan. Workshop ini dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. Muzakkir, MA.

Dalam sambutannya Prof Muzakkir menyampaikan bahwa “Dalam konteks kekinian, setiap dosen dituntut untuk mampu mengelola pembelajaran sesuai dengan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu bentuk kemajuan teknologi adalah penggunaan aplikasi dan IT yang semakin canggih dalam segala hal, termasuk dalam pembelajaran atau perkuliahan. Sehubungan dengan itu, pimpinan UIN SU Medan mengapresiasi Tim LPM yang telah menfasilitasi workshop ini karena salah satu materi, sesuai informasi dari ketua LPM, adalah pembuatan video sumber belajar, tentu hal ini berbasis IT.”

Diakhir sambutannya Prof Muzakkir memotivasi para peserta untuk serius mengikuti workshop, “Bapak/Ibu para dosen sebagai peserta harus serius dalam mengikuti workshop ini, agar tagihan workshop yang ditentukan panitia dapat dipenuhi sesegera mungkin. Tagihan-tagihan ini juga sekaligus dapat digunakan dalam pembelajaran mata kuliah masing-masing” pungkasnya.

Dalam laporannya Ketua LPM UIN SU Medan, Dr. Sahkholid Nasution, MA. sekaligus Ketua Penitia, menyampaikan bahwa latar balakang pelaksanaan Workshop ini adalah pentingnya akselerasi peningkatan kompetensi dosen pemula, “Sebagai dosen pemula di UIN SU Medan, perlu memperoleh pelatihan atau workshop yang terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran, karena latar belakang pendidikan para dosen tidak semua berasal dari Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK), maka sebagai lembaga yang mengelola mutu di UIN SU Medan LPM berkewajiban memfasilitasi workshop ini, agar dosen pemula dapat meng-up date- kompetensinya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.”

Jumlah peserta dalam workshop ini berjumlah 40 orang sebagai perwakilan dari 8 fakultas dan 1 pascasarjana. “Karena keterbatasan dana, tidak semua dosen pemula bisa diundang. Pemula yang dimaksud adalah dosen–dosen dengan jabatan fungsional Asisten Ahli. Persaat ini jumlah dosen dengan jabatan fungsional Asisten Ahli di UINSU Medan berjumlah 140 orang dan hanya 40 orang saja yang terpilih secara acak dan diundang mengikuti workshop ini. Semoga yang lain segera mendapatkan kesempatan yang sama” ujarnya.

Materi workshop ini dibagi menjadi 2 (dua) yaitu; (1). Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan (2). Pembuatan Video Sumber Belajar. Sebagai narasumber untuk materi RPS dibimbing oleh Dr. Siti Halimah, M.Pd, alumni UPI Bandung, Dosen UIN SU Medan dan ahli dibidang pengembangan kurikulum. Sementara materi kedua dibimbing oleh Dr. Rusman, M.Pd. Dosen UPI Bandung dan ahli dalam pengembangan pembelajaran berbasis IT. Sebagai sebuah workshop, peserta ditagih untuk menyerahkan RPS dan Video Pembelajaran untuk mata kuliah masing–masing. Ketua LPM menyatakan bahwa “Dengan demikian diharapkan selesai workshop ini, panitia dapat mengoleksi 40 RPS dan 40 Video Sumber Belajar”.

Seluruh Tim LPM menjadi panitia pelaksana workshop, dan turut hadir diantaranya adalah, Moladin Lubis, Khairina Tambunan, Wahyu Syarvina, dan Jafar. “Semoga workshop ini berkontribusi signifikan bagi pengembangan mutu pembelajaran di UINSU Medan” pungkas Ketua LPM. (SN/LPM).

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content