UINSU

Bandung (UINSU)

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan menjalin kerja sama dengan Universitas Telkom ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Universitas Telkom di Bandung, Kamis (17/10). MoU Bertujuan meningkatkan kualitas pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi dengan sentuhan dan penerapan teknologi, informasi dan komunikasi.

Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati, MAg melalui Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga UINSU Prof Dr Muzakkir, MAg dalam sambutan menyampaikan sekilas profil UINSU yang menyentuh usia 51 tahun pada 2024 ini. Prof Muzakkir juga mengabarkan kampus Islam terbesar di Sumut ini baru menjalani asesmen lapangan untuk akreditasi perguruan tinggi (APT) unggul. Ia mengharapkan doa dan dukungan arah peraihan unggul dimaksud, terwujud dalam waktu dekat.

Terkait kerja sama ini, lanjutnya, dapat diteruskan dalam perjanjian kerja sama (PKS) sehingga bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan yang mendukung Tri Dharma perguruan tinggi yakni pendidikan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. MoU yang diteruskan dalam kegiatan ini, UINSU juga mengajak pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) untuk menyahuti kolaborasi dengan Universitas Telkom, khususnya pada penguatan teknologi, informasi dan komunikasi.

Ia merinci, MoU ini nantinya bisa mengemas berbagai giat Tri Dharma seperti kuliah kerja nyata bersama, joint research atau penelitian bersama, dosen atau guru besar tamu, mengisi berbagi kegiatan akademik dan lainnya. Berbagai kegiatan ini bisa disinergikan dengan Universitas Telkom sejalan visi dan misi UINSU Medan yang telah banyak menjalin kerja sama dalam dan luar negeri dalam agenda pengembangan dan kemajuan kampus.

Prof Muzakkir, secara pribadi memang memiliki hubungan baik yang dijalin bersama Telkom selama 24 tahun. Mengisi berbagai kegiatan melewati momen untuk pengembangan BUMN bidang komunikasi ini di berbagai wilayah di Indonesia. Ia dan tim bahkan menyusun buku bertajuk bekerja bismillah, bekerja lillah, bekerja maallah, bekerja billah dan bekerja mahabbah yang memuat pendekatan spiritualitas dan tasawuf serta menjadi rujukan dalam kegiatan pembinaan mental para pejabat dan pimpinan Telkom. Mengenang momen emas tersebut, Prof Muzakkir mendoakan agar Telkom dan lembaga naungannya, bisa terus berjaya dan berkembang memberikan dedikasi terbaik bagi negeri.

Wakil Rektor Bidang Riset Inovasi dan Kerja Sama Universitas Telkom, Dr Ir Rina Pudji Astuti, MT dalam sambutannya memperkenalkan sejumlah pimpinan di kampus teknologi informasi tersebut. Ia menyampaikan, di kampus tersebut, Fakultas Ekonomi dan Bisnis termasuk terfavorit, dalam pembelajarannya selain fokus pada bidang ekonomi dan bisnis, juga dikuatkan dengan materi teknologi keuangan (digital finance) juga terdapat pembinaan khusus. Sebelumnya juga dipaparkan profil universitas dalam bentuk video profil.

Universitas Telkom, jelasnya, memiliki tujuh fakultas yang relevan yang dibutuhkan dalam perkembangan zaman, seperti fakultas ekonomi dan bisnis, ilmu sosial, ilmu terapan, rekayasa industri, informatika dan fakultas industri kreatif yang semua pembelajaran dibekali dengan pemahaman information, communication dan technology (ICT). Selain itu, kampus ini memiliki beberapa fasilitas usaha seperti hotel.

Dr Rina menyampaikan terima kasih atas kunjungan dalam rangka jalinan kerja sama melalui penandatanganan MoU ini. Pihaknya menyambut baik kerja sama lembaga ini dan berharap jalinan kolaborasi ini memberikan banyak keberkahan dan dirahmati oleh Allah. Juga sebagai bentuk kontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara. Acara dilanjutkan dengan sesi penandatanganan dokumen kesepahaman, diskusi dan ramah tamah.

Turut hadir Dekan Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom Dr Bambang Setia Nugroho, MT, Dekan FEB Prof Dr Ratri Wahyuningtyas, ST, MM, Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr Kemas Muslim Lhaksamana dan para kepala bagian jajaran. Mendampingi Prof Muzakkir yakni Ketua Tim Kerjasama dan Humas Subhan Dawawi, MM, tim humas Firman Zein, SKom, Al Mahbub Budiman, SE dan tim kerja sama, Indah Pertiwi, SPdI. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content