UINSU

Medan (UIN Sumut)

Temu Forum Dekan Dakwah se-Indonesia digelar di Palembang, Hadir pada kegiatan ini Asisten III Gubernur Provinsi Sumsel Prof. Dr. Edward Juliarta, MM, Kabag Kesra Kota Palembang, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Rektor, Wakil Rektor III, Dekanan di lingkungan UIN Raden Fatah serta para Dekan Dakwah & Komunikasi Se-Indonesia, termasuk Dekan FDK UIN-SU, Prof. Dr. Lahmuddin, M.Ed. Kegiatan ini mengambil tema “Penguatan Peran Dakwah Bagi Organisasi & Sertifikasi Lembaga Di Era 5.0″.

Dekan Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Dr. Ahmad Syarifudin, M.Ag dalam sambutannya mengatakan pada forum ini kami berharap tercapainya beberapa agenda dan capaian antara lain terbentuknya struktur kepengurusan Forum Dekan Dakwah Se-Indonesia Periode 2021-2025, rekomendasi atas eksisting lembaga/badan sertifikasi profesi yang ada di bawah naungan FDK dan penguatan terhadap kurikulum yang berbasis MBKM di Fakultas Dakwah & Komunikasi,” ujarnya.

Rektor UIN Raden Fatah Prof. Dr. Nyayu Khadijah, S.Ag, M.Si mengatakan bahwa tentu acara ini merupakan temu forum untuk ajang bersilaturahmi dan tentunya akan melahirkan gagasan-gagasan baru yang membawa lembaga menjadi lebih baik lagi. Kedepan terdapat tantangan bagi pimpinan Fakultas Dakwah & Komunikasi untuk pengembangan program studi. Harapannya Fakultas Dakwah dan Komunikasi akan mencetak para da’i yang mensiarkan agama Islam. Bagaimana dakwah yang disampaikan akan didengarkan sehingga apa yang telah disampaikan akan ada feedbacknya. Semoga dengan adanya forum ini akan memberikan penguatan peran dakwah bagi organisasi dan lembaga,” pungkasnya.

Sementara itu Prof. Dr. Edward Juliarta, MM, secara resmi membuka kegiatan ini. Dalam  sambutanya mengatakan bahwa penguatan diera 5.0 sangat banyak diartikan dan dirasakan seperti penguatan data, penguatan globalisasi, serta revitalisasi dan bisa kita lihat telah banyak media yang salah satu bagian dari  penguatan dakwah seperti medsos yang merupakan bagian dari pola-pola dakwah. Perlu sekali adanya modifikasi pola dakwah dan disamping itu sangat setuju akan adanya sertifikasi bagi petugas haji,” katanya.

Dalam kegiatan ini juga menghadirkan nara sumber antara lain, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof. Dr. Suyitno, M.A, Ketua Forum Dekan Dakwah dan Komunikasi Suparto Sunoko M.Ed, Ph.D, dan Drs. Ratu dewa Msi Sekda Kota Palembang. Peserta kegiatan ini lebih kurang berjumlah 50 Dekan Dakwah & Komunikasi dari berbagai PTKIN. Banyaknya Dekan yang hadir membuat peluang menjalin kerjasama terbuka lebar. Sebelum penutupan, Tepatnya pada Jum’at (19/03), Dekan FDK UIN Sumatera Utara, Prof. Dr. Lahmuddin, M.Ed melaksanakan MoA dengan beberapa Fakultas Dakwah UIN/ IAIN Yaitu:

  1. FDK UIN Raden Fatah Palembang.
  2. FDK UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  3. IAIN Palangkaraya Kalimantan Tengah

MoA (Memorandum of Agreement) yang telah ditandatangani akan ditindaklanjuti dalam berbagai kegiatan terutama dalam bidang pendidikan dan penelitian bersama. 

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content